11 Perusahaan yang Diakuisisi Google Sepanjang Tahun 2015

google logo

11 Perusahaan yang Diakuisisi Google Sepanjang Tahun 2015 – Google merupakan perusahaan raksasa teknologi yang memiliki banyak produk. Saking banyaknya produk ataupun project yang dikerjakan akhirnya Google membuat perusahaan Induk yang bernama Alphabet. Beberapa divisi dipisahkan menjadi anak perusahaan Alphabet agar dapat mengembangkan sendiri produknya.

Sejak awal berdiri Google telah sering mengakuisisi beberapa perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan atau menyempurnakan produknya. Akuisisi adalah cara tercepat agar perusahaan atau produk cepat berkembang, karena tidak hanya produk yang dibawanya tetapi SDM yang ahli dibidangnya bahkan paten yang dimiliki perusahaan tersebut. Sampai sekarang setidaknya ada 186 perusahaan yang telah diakuisisi Google. Tahun 2015 saja Google telah mengakuisisi 1 perusahaan. Berikut kesebelas perusahaan tersebut adalah sebagai berikut

1. Launchpad Toys

launchpad toys
Launchpad Toys sebuah startup yang telah menghasilkan aplikasi iOS untuk dapat digunakan anak-anak untuk membuat konten mereka sendiri. Launchpad Toys sering membuat aplikasi yang ramah bagi anak-anak. Co-foundernya sendiri dulu pernah bekerja sebagai desainer mainan pada perusahaan Hasbro. Hasbro merupakan perusahaan besar yang memproduksi mainan Transformer.

Launchpad Toys diakuisisi oleh Google pada 4 Februari 2015 untuk mengembangkan produk berupa aplikasi Youtube for Kids.

2. Odysee

odysee

Odysee merupakan aplikasi backup dan sharing private foto juga video. Dengan menggunakan aplikasi Odysee yang tersedia untuk iOS dan Android pengguna dapat membackup foto atau video mereka secara otomatis. Secara otomatis foto dan video tersinkronisasi melalui cloud dan dapat dilihat langsung pada komputer dirumah.

Odysee diakuisisi Google pada 8 Februari 2015 untuk mengembangkan produk Google+

3. Softcard

softcardSoftcard merupakan produk mobile payment hasil joint venture antara AT&T, T-Mobile dan Verizon. Dengan menggunakan teknologi NFC (Near Field Communicator) pengguna dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau debit yang tersimpan pada smartphone mereka.

Softcard diakuisisi Google pada 23 Februari 2015 untuk mengembangkan produk Google Wallet dan Android Pay.

4. Red Hot Labs

red hot labsToro atau lebih dikenal dengan Red Hot Labs merupakan Startup yang membantu developer untuk mempromosikan aplikasi mereka di Facebook.  Tujuan perusahaan adalah untuk membuat peluncuran dan mengoptimalkan kampanye iklan Facebook semudah mungkin untuk pengembang aplikasi mobile dengan secara otomatis menciptakan dan menguji “ratusan varian” untuk setiap kampanye.

Red Hot Labs diakuisisi Google pada 24 Februari 2015 untuk mengembangkan periklanan mobile pada Android

5. Tilt Brush dan Thrive Audio

skillman & hackett

Skillman & Hackett adalah perusahaan VR (Virtual Reality) dibalik Tilt Brush dan Thrive Audio.

Tilt Brush memungkinkan pengguna untuk menggambar di VR menggunakan tiga dimensi, dengan cat, cahaya, dan tekstur. Pada versi aplikasi desktop, pengguna dapat membuat scene dalam perangkat lunak. versi aplikasi untuk Cardboard, Tilt Brush Gallery memungkinkan pengguna Android untuk memutar scene yang telah dibuat di VR.

Sedangkan Thrive Audio, perusahaan yang lahir dari Sekolah Teknik di Dublin Trinity College,yang mengkhususkan diri dalam audio posisional. Thrive Audio menciptakan suara surround yang realistis untuk VR.

Google mengakuisisi Tilt Brush dan Thrive Audio pada tanggal 6 April 2015, tentu saja untuk membantu mengembangkan produk VR mereka yaitu Google Cardboard

6. Timeful

timeful

Sebuah startup yang membantu penjadwalan menjadi lebih mudah. Aplikasi Timeful akan menganalisa jadwal kamu dan menggunakannya untuk membantu kamu mencapai tujuan tertentu. Teknologi inti Timeful melibatkan machine learning yang bertujuan untuk membantu kerumitan dari menggabungkan penjadwalan dan manajemen tugas GTD.

Google mengakuisisi Timeful pada yanggal 4 Mei 2015 untuk membantu mengembangkan aplikasi Google seperti Google Inbox dan Google Calendar.

7. Pixate

pixate

Pixate merupakan tool untuk membuat prototype aplikasi mobile. Tujuannya untuk meningkatkan workflow (alur kerja) antara desainer dan tim development (pengembangan).

Google mengakuisisi Pixate pada tanggal 21 Juli 2015 bertujuan untuk membantu tim Material Design.

8. Jibe Mobile

jibe mobile

Dalam deskripsinya Jibe Mobile merupakan perusahaan komunikasi cloud untuk operator mobile. Jibe Mobile merupakan perusahaan dibalik teknologi Rich Communications Services (RCS).

Google mengakuisisi Jibe Mobile pada tanggal 30 September 2015 untuk menerapkan teknologi RCS pada Android.

9. Agawi

agawi

Agawi merupakan startup yang mengembangkan teknologi streaming aplikasi mobile melalui web tanpa men-download terlebih dahulu. Jadi pengguna dapat melakukan preview aplikasi sebelum men-downloadnya.

Google mengakuisisi Agawi pada tanggal 18 Juni 2015 untuk membantu pengembangan Android terutama Google Play Store.

10. Digisfera

digisfera

Digisfera merupakan startup dibidang fotografi yang berfokus pada foto panorama. Berbeda dengan foto fotografi biasa Digisfera menggunakan foto 360 derajat. Digisfera juga telah mengembangkan dua set tools. PanoTag memungkinkan pengembang menambahkan fungsi tangging untuk aplikasi mereka dan Marzipano yang mampu memproses foto panorama dan mengekspornya menjadi gambar 360 ° agar dapat dilihat di browser.

Google mengakusisi Digisfera pada tanggal 17 Oktober 2015 untuk bergabung dan membantu tim Google Maps Street View.

11. Fly Labs

fly labs

Perusahaan bertujuan untuk membantu pengguna mengedit video dan foto. Dalam 18 bulan terakhir produk mereka yaitu Tempo, Fly dan Crop telah mendapat 3 juta download.

Google mengakuisisi Fly Labs pada tanggal 11 November 2015 untuk membantu Gooogle mengembangkan Google Photos.

Semua perusahaan yang diakusisi Google diatas tidak disebutkan berapa jumlah nilai akuisisnya. Sekarang sudah memasuki tahun 2016 dan mulai banyak startup baru yang bermunculan. Dan tentu saja akan banyak teknologi baru yang hadir, untuk tetap bertahan Google harus melakukan inovasi pada produknya. Kita lihat perusahaan atau startup apa lagi yang akan diakuisisi Google ataupun perusahaan dibawah Alphabet pada tahun 2016.

Dikutip dari berbagai sumber

 

Dilihat 909 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist