15 Alasan yang Membuat Android Lebih Unggul Dari iPhone

android-vs-apple

Apple boleh saja sesumbar dengan iPhone 6S yang baru diumumkannya. Namun masih banyak hal yang membuat ponsel android lebih unggul di mata pengguna. Berikut 15 alasan yang membuat Android lebih unggul dari iPhone

Android vs Apple

 

1. Slot tambahan untuk microSD card

Ketika kamu membeli iPhone, tidak akan ada opsi untuk menambah kapasitas penyimpanan. Beda halnya dengan ponsel Android yang umumnya selalu menyertakan slot kartu microSD agar memudahkan kita untuk menambah kapasitas penyimpanan dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

 

2. Baterai dapat dilepas dan diperbaharui

Jika baterai ponsel Android kamu sudah tidak berfungsi dengan baik, kamu dapat dengan mudah mengganti sendiri dengan yang baru. Hal ini berbeda dengan baterai iPhone yang tidak bisa dilepas.

3. Pemancar Infrared

Kamu dapat menggunakan berbagai macam ponsel Android untuk dijadikan remote control. Ponsel Android memiliki pemancar infrared pada bagian atasnya. Tentunya hal ini tidak dimiliki oleh iPhone

4. File seperti screenshot, foto, ataupun gambar hasil download tersimpan di folder yang terpisah

Hal menarik yang dimiliki Android adalah tampilan file sistem yang tidak disembunyikan. Kamu dapat dengan mudah mengakses seluruh folder sistem dan memindahkan file – file tersebut ke folder lain. Fungsi tersebut mirip ketika kita sedang mencari file menggunakan komputer. Sedangkan di pihak iPhone, akses semacam itu tidak pernah diberikan ke pengguna.

5. Musik dapat ditambahkan secara praktis

Android tidak peduli musik kamu berasal dari mana. Kamu dapat dengan mudah menambahkan musik ke ponsel tanpa harus repot menggunakan software tambahan. Sementara Apple dan iOS mengharuskan pengguna untuk memakai iTunes agar dapat memindahkan musik ataupun foto.

6. Charger yang tidak pilih kasih

Ponsel Android kompatibel dengan seluruh kabel charger micro-USB. Jika kamu menggunakan iPhone, maka diharuskan memiliki kabel “Lightning” original Apple untuk mengecas.

 

7. Aplikasi dapat langsung di download dari website

Google Play Store, memperbolehkan pengguna untuk men-download aplikasi langsung dari website aplikasi itu sendiri. Jika anda mencari aplikasi iPhone melalui browser, maka pengguna akan diarahkan ke iTunes atau App Store untuk bisa men-dowload dan memasangnya.

8. Tablet Android memperbolehkan pengguna untuk menggunakan multi akun

Jika teman atau keluarga ingin meminjam tablet Android kamu, maka kita bisa menambahkan lebih dari satu akun dalam tablet tersebut. Hal ini berguna agar kita dapat membatasi akses pengguna lain. Fitur tersebut tidak dimiliki oleh iPad.

9. Google Maps

Google Maps sudah menjadi aplikasi bawaan untuk Android. Aplikasi maps pada Apple belumlah sebagus Google, dan tentunya pengguna tidak bisa mengaturnya sebagai default.

10. Variasi dalam meng-unlock layar

Pengguna iPhone dapat meng-unlock layarnya dengan cara menggunakan passcode ataupun fingerprint. Perangkat Android, memiliki opsi tambahan untuk melakukan hal tersebut, yakni lewat pattern atau face unlocks.

11. Tampilan Android dapat di kostumisasi

Terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan Android. Mulai dari menambahkan widget pada homescreen hingga mengubah keseluruhan tema dari ponsel. Contohnya Aviate yang dapat menyusun aplikasi pengguna dalam bentuk urutan alfabet.

12. Letak aplikasi tidak melulu harus di homescreen

Android memiliki tampilan tambahan selain homescreen. Jika pengguna membuka menu aplikasi, maka tampilan layar baru akan muncul. Hal ini berbeda dengan iPhone yang meletakkan seluruh aplikasi pada homescreen.

13. Pada beberapa ponsel Andorid, pengguna dapat menampilkan lebih dari satu aplikasi

Pada beberapa ponsel Android seperti LG, pengguna dapat memindahkan aplikasi yang sedang berjalan ke jendela terpisah, mengatur transaparansi dari jendela tersebut dan merubah ukurannya.

14. Notifikasi yang selalu muncul di bagian atas layar

Ketika menggunakan perangkat Android, notifikasi akan selalu terlihat pada bagian atas layar. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengecek dan merespon aplikasi yang berkaitan.

15. Fitur Alarm dapat menghitung berapa lama kita bisa tidur

Pada saat memasang alarm, akan ada informasi kecil yang diberikan ke pengguna mengenai berapa lama waktu yang akan digunakan untuk tidur.  Iphone tidak memiliki fitur ini sehinggapengguna diharuskan menghitung sendiri.

Via Business Insider

Dilihat 4,072 kali

Related Posts

About The Author

Bergelut dibidang teknologi, sebagai Quality Assurance dan juga seorang Hardcore Gamer