5 Ekstensi VPN Terbaik Untuk Chrome Versi Chromplex (update)

vpn

5 Ekstensi VPN Terbaik Untuk Chrome Versi Chromplex – Beberapa layanan website terkenal terkadang hanya hadir di negara tertentu, seperti Spotify, Hulu, Pandora, Reddit, Google Play Music yang hanya dapat diakses dari negara US. Untuk mengakses layanan tersebut kita harus memiliki alamat IP negera US. Ada beberapa cara agar kita memiliki IP tersebut, pindah ke negara US atau dapat menggunakan Proxy atau VPN. VPN dianggap lebih baik karena minimal telah terenkripsi 128 Bit, namun tetap saja keamanan privasi tergantung penyedia layanan VPN. Karena ketika kita menggunakan layanan VPN tertentu, aktivitas online kita dapat dipantau dari server VPN tersebut.

Pada Chrome kita dapat menggunakan ekstensi VPN (Virtual Private Network) yang tersedia gratis. Sebenarnya tidak sepenuhnya gratis, untuk beberapa fitur tertentu kita harus membeli akun premium. Namun ini cukup untuk mengakses layanan yang tidak bisa di akses dari Indonesia. Tentu saja cara ini dapat membuka website yang diblokir di Indonesia. Chromplex tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan artikel ini untuk membuka website yang tidak baik, silakan baca Term of Service kami. Baiklah berikut 5 ekstensi VPN terbaik untuk Chrome versi Chromplex

1. ZenMate

zenmate

Ini ekstensi yang sering penulis pakai, ZenMate ini lumayan cepat. ZenMate menawarkan trial penggunaan fitur premium selama 7 hari. Fitur dari ZenMate yaitu

  • Free and Unlimited
    Layanan yang gratis hanya disediakan untuk 4 negara yaitu Jerman, Romania, Hong Kong dan Amerika Serikat. Sedangkan untuk yang premium ditambahkan 6 negara yaitu Singapura, Amerika Serikat Bagian Barat, Switzerland, Perancis, Inggris dan Kanada.
  • Smart Location (Premium)
    Dengan fitur ini kamu dapat melakukan switch otomatis VPN berdasarkan website yang dikunjungi, misalnya kamu mengunjungi hulu.com maka ZenMate akan otomatis mengganti VPN yang telah kamu setting sebelumnya misalnya US.
  • Malware Blocking (Premium)
    Melindungi kamu dari malware ketika mengunjungi website.
  • Tracking Protection (Premium)
    Melindungi privasi kamu dengan layanan pihak ketiga dari tracking dan pengkoleksi data ketika kamu browsing.
  • Desktop Clients (Mac & Win)
    ZenMate dapat diinstall sebagai aplikasi Native bukan sebagai ekstensi.

2. DotVPN

dotvpn

DotVPN juga menawarkan fitur premium untuk trial selama 7 hari. Fitur yang tersedia pada DotVPN

  • Freedom without Limitations
    Layanan DotVPN ini dapat digunakan sepuasnya, terdapat banyak lokasi untuk digunakan secara gratis seperti Kanada, Jerman, Perancis, Jepang, Belanda, Singapura, Spanyol, Swedia, Switzerland, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat.
  • Tracking Protection
    Melindungi lokasi kamu sehingga tidak dapat dilacak.
  • Block Marketing Analytics
    Memblokir marketing analitic, misalnya kamu mengunjungi website travel maka website tersebut akan mengoleksi data dan data tersebut akan digunakan untuk membuat iklan yang relevan bagi mereka.
  • Block Ads
    Memblokir iklan, tanpa harus memasang ekstensi Adblock lainnya.
  • Reduce Data Usage
    DotVPN melakukan kompresi data diserver mereka.
  • Turbo Speed (Premium)
    DotVPN menawarkan kecepatan lebih jika kamu menggunakan akun premium.
  • Increased Encryption (Premium)
    Biasanya VPN menggunakan enkripsi 128 Bit, fitur premium ini meningkatkan enkripsinya menjadi 8192 Bit.
  • Zero Logging DNS (Premium)
  • Cloud-Based Tracker Protection (Premium)

3. TunnelBear VPN

tunnelbear

TunnelBear ini full service untuk penggunaannya, hanya saja dibatasi untuk penggunaan datanya. Untuk layanan gratis dibatasi 750 MB perbulannya. Untuk pertama kali penggunaan, kamu bisa mendapatkan tambahan 1GB data gratis dengan melakukan sharing ke social media.

  • Hampir sama dengan ZenMate dan DotVPN, kamu dapat memilih lokasi namun TunnelBear menawarkan lebih banyak negara hingga 16 negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, Jepang, Perancis, Italia, Balanda, Swedia, Switzerland, Irlandia, Spanyol, Singapura, Norwegia, Hong Kong dan Brazil.
  • TunnelBear juga tersedia aplikasi native untuk Mac dan Windows.
  • Kamu dapat mengakses website yang diblokir.
  • Mengurangi situs dan pengiklan dengan kemampuan untuk melacak.
  • Mengamankan browser kamu dari WiFI publik

4. Hotspot Shield Free VPN Proxy

hotspot shield

Hotspot Shield Free VPN Proxy ini sepenuhnya gratis, namun kamu harus maklum dengan adanya iklan. Berikut fitur dan layanan dari Hotspot Shield

  • Hotspot Shield VPN dapat membuka situs yang diblokir.
  • Kamu dapat memilih lokasi hingga  negara yaitu Australia, Kanada, Cina, Jerman, Hong Kong, India, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.
  • Amankan semua aktivitas Browser dengan level enkripsi perbankan pada jaringan publik atau pribadi.
  • Menyembunyikan alamat IP, identitas & lokasi dari situs & pelacak online untuk privasi maksimum & keamanan untuk mencegah pencurian informasi pribadi.
  • firewall Bypass, browsing secara anonim untuk menghindari pelacakan.
  • Hotspot Shield Free VPN Proxy mengaku menawarkan yang terbaik keamanan wifi hotspot.

5. Betternet Unlimited Free VPN

Betternet Unlimited Free VPN

Sebelumnya kami merangking Hola pada peringkat 5, ternyata Hola memiliki vurnerability dan menjual bandwidth user. Rating di Chrome Webstore tidak menjamin VPN tersebut baik dan aman. Terima kasih Mas Gun untuk informasinya, kami sarankan untuk tidak memasang ekstensi Hola karena ditemukannya vurnerability.

Free P2P VPN Hola sold users’ bandwidth which was then used for botnets; researchers say to uninstall Hola now as it makes users vulnerable to hacking.

Akhirnya kami menempatkan Betternet Unlimited Free VPN pada peringkat 5. Setelah kami coba VPN ini cukup stabil namun kamu hanya bisa menggunakan 1 IP yaitu Amerika Serikat. Mereka juga menyediakan aplikasi native untuk sistem operasi windows. Mereka mengklaim VPN mereka sudah digunakan 25 juta orang. Berikut beberapa fitur dari Betternet Unlimited Free VPN.

  • Gratis VPN selamanya
  • Tidak memerlukan login terlebih dahulu
  • Tidak ada log yang disimpan atau mengoleksi data dari user
  • Tidak ada iklan di aplikasi
  • Simple hanya butuh 1 tap untuk terkoneksi ke VPN

BONUS : TouchVPN

TouchVPN

Ini adalah ekstensi terakhir yang kami coba benar-benar 100 persen gratis. TouchVPN juga menyediakan pilihan VPN dari beberapa negara diantaranya Kanada, Perancis, Amerika Serikat, Chili, Swedia, Belanda, Spanyol, Republik Ceko, Turki, Jerman, Inggris dan Singapura. Dari hasil percobaan kami ekstensi ini cukup stabil namun agak sedikit lambat. Kamu masih bisa memilih negara yang mungkin jarang digunakan. Karena unlimited bandwidth dan sepenuhnya gratis hal ini membuat performance-nya menjadi kurang.

KESIMPULAN

Jika kamu menginginkan VPN yang sepenuhnya stabil dan cepat memang disarankan kamu agar melakukan langganan daripada menggunakan yang gratis. Rating di Web Store juga tidak menjamin VPN tersebut tetap baik dan dapat menjaga kualitasnya. Saat ini layanan VPN juga semakin banyak, kamu masih bisa memilih VPN lain dengan melihat review dari penggunanya. Pastikan kamu memasang extensi VPN melalui website Chrome Web Store.

Untuk mengetahui alamat IP negara mana yang kamu gunakan bisa mengakses dnsleaktest. Semua VPN yang gratis sewaktu-waktu bisa down dan tidak stabil. Mereka juga membutuhkan dana untuk perawatan server mereka. Biasanya layanan premium, mereka akan menjaga kualitas layanan termasuk kestabilan. Namun kamu tetap tidak harus mengeluarkan dana membeli VPN premium. Karena kalau salah satu server VPN down kamu bisa menggunakan yang lain.

Disini saya mengingatkan untuk tidak membuka website yang tidak baik tersebut apalagi menggunakan VPN. Selain tidak baik untuk kamu sendiri, berarti sama saja kamu membuat Indonesia semakin jelek dimata dunia dengan membuka website tersebut. Oh ya ada pesan dari Ipo-chan ^_^

ipo-chan-vpn

 

Apakah kamu pro terhadap pemblokiran internet? atau kamu menentangnya.  Silakan berikan pendapat kamu di kolom diskusi dibawah ini 🙂

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist