5 Layanan Alternatif Pemendek URL goo.gl Versi Chromplex

shorten-url

Pada akhir Maret tahun ini Google mengumumkan untuk menghentikan layanan pemendek URL nya yaitu goo.gl. Mulai tanggal 13 April 2018 pengguna tidak akan bisa lagi menggunakan layanan tersebut. Namun link yang sudah kamu gunakan masih akan berfungsi sampai 30 Maret 2019. Layanan juga akan dimatikan pada tanggal yang sama.

Goo.gl mungkin salah satu layanan pemendek URL yang sangat populer dan cepat. Walaupun kamu tidak bisa meng-custom URL nya. Mungkin sudah saatnya kamu beralih menggunkan layanan pemendek URL yang lain. Berikut 5 rekomendasi layanan pemendek URL versi Chromplex.

1. Bitly

bit.ly

Bitly merupakan salah satu layanan pemendek URL yang sangat populer dan populer diluar sana. Cukup dengan paste link ke text box di homepage Bitly, kemudian mengklik tombol “Shorten”. URL yang kamu masukkan langsung disingkat.

Untuk mendapatkan fitur lebih seperti meng-custom URL agar lebih enak dibaca kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk link yang di-custom kamu hanya bisa membuatnya sampai 500 link, namun jika dibiarkan tetap keriting kamu dibatasi sampai 1000 link perbulannya.

Bitly juga menawarkan layanan berbayar, dimana kamu bisa menghapus limitasi diatas. Dengan layanan berbayar kamu bisa dengan sesuka hati meng-custom link yang sama. Kamu juga bisa melakukan track berupa laporan berapa kali link kamu di klik. Selain itu layanan berbayar lainnya kamu bisa melakukan custom domain menggunakan domain sendiri.

2. TinyURL

Layanan pemendek URL yang satu ini sepenuhnya gratis dan tidak ada layanan berbayarnya. Kamu cukup mengunjungi website nya dan paste link URL panjang kamu kedalam text box. Seketika link kamu akan dipendekkan. Semua URL akan diawali dengan tinyurl.com/. Satu lagi kamu bisa meng-custom link-nya.

Karena sepenuhnya gratis dan tidak ada layanan berbayar maka kamu akan mendapatkan fitur yang apa adanya. Kamu tidak bisa melakukan track link dan melihat laporan berapa kali link kamu di klik. Fitur lainnya kamu bisa men-custom apakah ketika link di klik akan langsung di redirect atau preview tellebih dahulu.

Menariknya TinyURL menyediakan ekstensi untuk Chrome, jadi kamu bisa dengan cepat membuat link melalui toolbar di browser Chrome.

3. Ow.ly

ow.ly

Layanan satu ini milik Hotsuite yang juga gratis namun agak sedikit repot jika ingin menggunakannya. Kamu diharuskan mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Kamu bisa melakukan custom link, namun untuk melihat laporan berapa kali di klik dan fitur lebih lainnya kamu diharuskan membayar.

Ow.ly tools yang bagus untuk kamu jika hanya ingin memendekkan URL saja namun tidak peduli mengenai laporan berapa kali link kamu diklik dan sedikit repot dengan mendaftar terlebih dahulu.

4. S.id

Layanan yang satu ini karya anak bangsa yang dibuat oleh Pandi. Pandi juga lah pengelola domain berakhiran ID (Indonesia). Layanan pemendek URL S.id ini dibuat 2 tahun lalu, namun hidup segan mati tak mau. Layanan ini seperti kurang terawat bahkan sangat lambat waktu muatnya, namun masih bisa digunakan. Blog terakhir-pun di-update dua tahun lalu (Kritik 😀 )

Sama seperti layanan pemendek URL diatas kamu bisa memendekkan URL langsung dari halaman utama. Semua URL akan berawalan s.id yang memiliki kebanggaan tersendiri. Namun untuk bisa melakukan custom link kamu juga diharuskan login terlebih dahulu. S.id juga menyediakan layanan berbayar untuk perusahaan yang ingin menggunakan domain sendiri.

5. Is.gd

is.gd

Layanan alternatif pemendek URL yang satu ini disebut is.gd, layanan yang satu ini sangat sederhana. Kamu bisa menggunakan tools ini langsung dari halaman utama tanpa harus daftar. Kamu juga bisa langsung meng-custom link dengan meng-klik custom URL. Selain itu kamu juga bisa melakukan preview dan membuat QR code untuk memudahkan pengguna smartphone.

Itulah 5 layanan pemendek URL rekomendasi Chromplex. Dengan fitur yang berbeda-beda, kamu bisa memilih layanan yang sesuai dengan preferensi kamu. Jika kamu tahu layanan pemendek URL terbaik lainnya jangan lupa comment dibawah.

Dilihat 170 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist