5 Startup Terpilih Ikuti Workshop Brand Former yang Diadakan oleh GBG Jogjakarta

Workshop Brand Former oleh GBG Jogjakarta

5 Startup Terpilih Ikuti Workshop Brand Former yang Diadakan oleh GBG Jogjakarta – Google Business Group (GBG) Jogjakarta merupakan komunitas para pebisnis profesional dan startup untuk berbagi pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi Google untuk kesuksesan sebuah bisnis.

Sebelumnya GBG mengangkat tema mengenai Growth Hacking kali ini GBG mengangkat tema Brand Former. Acara ini merupakan lanjutan dari acara Workshop Brand Former yang diadakan GBG Jakarta beberapa waktu lalu. Seperti biasanya workshop ini akan diselenggarakan dibeberapa kota lainnya termasuk Yogyakarta.

Untuk Yogyakarta sendiri telah diadakan pada hari Sabtu dan Minggu lalu. GBG Manager wilayah Yogyakarta Fadli WIlhandarwo mengatakan mereka telah memilih lima dari delapan belas Startup yang telah melakukan pendaftaran. Dan kelima Startup yang terpilih tersebut adalah IWAK, Handl, Wemary, Kentongan, dan Beachnesia.

Jika growth hacking adalah teknik marketing yang bertujuan untuk mendapatkan user dengan biaya yang relatif murah dan dilakukan menggunakan pendekatan teknologi. Nah tema Brand Former kali ini bertujuan membantu Startup yang masih pada tahap early stage untuk mereformasi Brand mereka menjadi lebih powerful dan membantu mereka menciptakan strategi Brand yang lebih matang.

Acara ini terdapat beberapa sesi, sesi sharing dengan pembicara di mana semua startup mendengarkan materi dari pembicara, sesi brand audit di mana pembicara dengan startup saling berdiskusi untuk memperbaiki brandingpositioning, dan differentiation untuk startup tersebut, sesi pitching di mana rebranding startup-startup akan dinilai oleh para juri, yaitu para pembicara, dan sesi brand hackathon and mentoring.

Sedikit mengeai profil Startup,

  • IWAK merupakan platform investasi sosial dibidang perikanan. IWAK menyediakan platform yang menghubungkan investor dengan keluarga pembudidaya ikan.
  • Handl, merupakan startup yang membantu event organizer lebih mudah dalam mengorganisir eventnnya. Seperti konfirmasi pembelian tiket dan kehadiran.
  • Wemary membantu pasangan yang ingin menikah dengan membuatkan online invitation dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Website online invitation tersebut otomatis langsung tersinkronisasi dengan sosial media, Google Maps, Calendar serta konfirmasi kehadiran RSVP. Sedangkan bagi para tamu undangan yang tidak dapat hadir pada acara resepsi dapat memesan kado yang nanti akan dikirimkan langsung oleh tim Wemary ke lokasi pernikahan.
  • Kentongan, merupakan Startup yang memiliki tujuan ingin menghidupkan semangat kentongan di era internet. Misalnya ketika ada peringatan atau kejadian darurat warga dapat menggunakan aplikasi kentongan yang mirip seperti button alert. Selain itu Ketua RT dapat menerima masukan dan keluhan dari warga. Kentongan pernah menang juara 1 pada event Hackathon Merdeka 2.0 bidang Kependudukan.
  • Beachnesia, platform digital yang mengubungkan wisatawan dengan pengusaha, pengusaha dengan pemerintah. Tidak hanya itu Beachnesia membantu wisatawan mendapatkan informasi mengenai agenda perjalanan, pengalaman dan cerita.

Acara Workshop Brand Former sendiri diadakan selama dua hari. Para peserta akan mendapatkan pemahaman materi tentang Brand kemudian akan mendapat mentoring langsung dari para pemateri. Diharapkan nantinya para startup memiliki strategi branding yang lebih baik dari sebelumnya.

DSCF2866

Pada hari pertama ada Arief Budiman CEO dari PT. Petak Umpet yang mengisi materi tantang Brand Promise, Petak Umpet merupakan satu dari sebelas tim yang melakukan rebranding kota Jogja. Kemudian Affi Khresna dari Srengenge Idealabs yang mengisi materi Brand Positioning, Srengenge pernah membantu pernikahan kraton agar lebih dikenal anak muda saat ini. Dan Mas Gepeng dari Njawani yang mengisi materi tentang Brand Character, Njawani sendiri memiliki desain khas yang menggunakan budaya Jawa, desainnya sendiri telah terkenal karena memiliki ciri khas tersendiri.

DSCF2879

Kemudian pada sesi Talkshow ada Agung Purwandono Pemimpin Redaksi di KRjogja. Agung bercerita awal Surat Kabar Kedaulatan Rakyat yang terbilang media paling tua di Indonesia mencoba memasukin ranah online. Karena semua media mulai beralih online. Pada awal-awal sulit untuk merubah dari surat kabar cetak ke online karena laporan harus segera terbit 20 menit setelah kejadian. Belum lagi karena domainnya adalah krjogja.com orang mengira domain KR adalah kronline.com.

DSCF2924

Pada hari kedua ada Nendra Rengganis atau lebih dikenal dengan nama Mbak Monik seorang Managing Director di Hipwee yang mengisi materi tentang Digital Marketing, Mbak Monik berbicara pentingnya pemanfaatan Social Media dan membuat konten yang viral yang pada akhirnya akan berdampak pada Brand itu sendiri.

DSCF2954

Kemudian ada Bagus Suitrawan dari Lotus Cinema yang mengisi materi tentang Video Campaign, beliau memberikan materi pentingnya membuat konten video yang tujuannya untuk mempromosikan Brand, video bisa menyampaikan cerita yang lebih baik dibandingkan media teks. Bagus memberi pesan ketika membuat video buatlah video yang penting, unik dan menyentuh.

DSCF2991

Terakhir materi dibawakan oleh GBG Manager Jogjakarta sendiri Fadli Wilihandarwo yang membawakan materi tentang pemanfaatan tools Google seperti Google Trends, Google Consumer Barometer, Google AdWords Keyword Planner dan perlunya mengetahui Micro Moment masing-masing Startup.

DSCF3095

Setelah mengikuti workshop selama dua hari maka dipilihlah 1 Startup terbaik karena branding dan marketingnya paling memiliki progress. Startup tersebut ialah IWAK.

Photo Galery

Dilihat 375 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist