8 Fitur Terbesar yang Baru di Android N Beta

android n

8 Fitur Terbesar yang Baru di Android N Beta – Saat ini Android N mungkin masih belum memiliki nama seperti Android sebelumnya. namun Google telah memproses OS Smartphone yang jauh lebih terbuka dari biasanya, misalnya mengeluarkan beberapa versi pratinjau developer awal tahun ini dan merilis “beta quality” yang siap untuk penggunaan reguler.

Kamu dapat men-download versi beta jika kamu memiliki Pixel C tablet atau Smartphone Nexus 6, namun jika kamu memaksakan untuk men-download pada perangkat selain Pixel C tablet atau Smartphone Nexus 6, hal ini kemungkinan akan beresiko pada perangkat kamu.

Ini lah Fitur-fitur baru pada Android N yang akan dirilis:

1. Multitasking

Kurangnya splitscreen multitasking pada Android N, terutama pada tahun lalu dengan rilis yang agak mengecewakan dalam hal produktivitasnya dan hanya berfokus pada Pixel C tablet. Namun sekarang fitur splitscreen sudah bisa bekerja pada perangkat mobile, yang dapat diakses dengan menekan tombol “task switching”. Salah satu perangkat mobile yang dapat mengakses fitur ini adalah Nexus 6 dan pada perangkat ini terlihat seperti memiliki dua tampilan BlackBerry sekaligus, hal ini tentunya cukup intuitif.

Tombol task switching memiliki trik lain di Android N, misalnya: double-tap untuk langsung beralih ke aplikasi yang terakhir digunakan, Google menyebutnya Quick Switch. Namun pada dasarnya hal ini ini merupakan Alt-tab untuk Android.

Jika dengan semua kemampuan Multitasking ini malah membuat kamu membuka terlalu banyak aplikasi yang memberatkan kinerja memori dan mengharuskanmu untuk menutup satu perrsatu namun malas melakukan nya, sekarang ada tombol Clear All yang bisa menutup semua aplikasi tersebut sekaligus. Selain itu untuk menggunakan fitur ini kamu tidak perlu memperbaharui aplikasi-aplikasi yang ada pada perangkat smartphone kamu.

multitasking

2. Notifications

Tampilan Notifications atau pemberitahuan pada Android N sepenuhnya telah dirubah . Hal ini terlihat jauh lebih rapi, dengan desain fullwidth dan icon yang lebih kecil membuat penggunaan space lebih baik. Notifications juga lebih fungsional, sekarang kamu dapat memperluasnya dua kali berturut-turut untuk melihat informasi lebih detail dan bisa langsung mengambil tindakan, selain itu ada juga tombol kecil untuk memperluas setiap notifikasi jika kamu tidak suka menggeser notifikasi.

Fitur lain yang menarik adalah kemampuan untuk longpress pada setiap notifikasi untuk mengontrol bagaimana kamu akan menerima pemberitahuan dari aplikasi yang akan datang. Misalnya ketika banyak notifikasi permintaan untuk kembali ke permainan Free to play yang kamu tinggalkan minggu lalu, kamu dapat mengatasinya dengan  longpress pada pemberitahuan kemudian kamu dapat memilih untuk tidak menampilkan nya atau bisa juga kamu memblokir notifikasi tersebut.

notif

Dan yang menjadi favorit dalam pembaharuan Notifications pada Android N ini adalah bagaimana fitur quick toggles terintegrasi satu sama lain. Pada Marshmallow, untuk mengakses Wi-Fi, Blotooth dan lain-lain, kamu harus menyeret dan kemudian menggesernya kebawah dua kali, namun pada Android N ini disuguhkan lima buah icon yang berbaris di atas notifikasi. Kamu juga masih harus menggeser untuk melihat yang lain, tetapi icon bisa disesuaikan sehingga kamu dapat memilih apa saja yang paling sering digunakan.

3. Settings

Menu settings atau pengaturan juga telah mengalami perubahan. Hal pertama yang akan jelas terlihat ada di bagian atas tampilan, di mana sekarang ada saran untuk hal-hal yang mungkin belum dikonfigurasi di smartphone kamu, misalnya, seperti mengatur akun email atau perintah suara. Setiap pilihan pada daftar juga memberikan sebagian kecil informasi yang relevan, yang bisa menghemat waktu tanpa menjelajahi menu satu-persatu, kamu juga dapat memeriksa kapasitas memory kamu, Jaringan Wi-Fi yang terkoneksi saat ini, penggunaan data, dan sebagainya sudah tersedia langsung pada menu tersebut.

Sementara itu perubahan dalam fitur settings ini adalah tampilan pengaturan dalam daftar itu sendiri dapat dilihat ketika diaktifkan. Misalnya, menyalakan tethering atau fitur penghemat data. Hal ini dapat di swipe layaknya seperti sebuah notifikasi.

setting

4. Virtual Reality

Meskipun tidak ada yang benar-benar baru dalam versi public beta saat ini, namun VR merupakan bagian besar dari teka-teki Android N. Google meluncurkan Android-powered  platform dengan sebutan Daydream yang melampaui kesuksesan pendahulunya yaitu Google Cardboard. Kamu membutuhkan smartphone yang memiliki dukungan Daydream dengan display dan sensor yang tepat supaya bisa digandeng dengan Mode VR yang baru di Android untuk meningkatkan kinerja Headset.

Tentang perangkat headset tersebut, Google hanya menampilkan desain sebagai referensi, bersama dengan sebuah wireless motion controller yang sederhana. Perusahaan Google akan membuat headset mereka sendiri yang sesuai dengan standar Daydream, sedangkan Samsung, HTC, LG, Xiaomi, Huawei, ZTE, Asus, dan Alcatel membuat perangkat yang kompatibel dengan Daydream.

VR

Adapun untuk bagian konten, Google membuat aplikasi sendiri yang dikhususkan untuk versi VR seperti YouTube, Street View serta photos dan tentunya bekerja sama dengan partner lain seperti Netflix, Ubisoft, dan Electronic Arts. Platform Daydream diperkirakan rilis pada musim gugur ini.

5. Keyboard Themes

Hal ini mungkin bukan suatu pembaharuan terbesar namun, dengan pembaharuan fitur Keyboard Themes atau tema pada keyboardsekarang terdapat banyak tema pada Google Keyboard, Kamu dapat memilih berbagai warna, menambah atau menghapus garis pemisah, bahkan kamu dapat mengganti latar belakang keyboard dengan gambar yang bisa kamu sesuaikan, dan ini jauh lebih rapi.

tema keyboard

6. Performance

Google mengklaim peningkatan kinerja pada berbagai sektor yang sebenarnya juga telah diterapkan pada versi Android terdahulu. Android N mengadopsi API grafis baru yang disebut Vulkan, yang dapat dilihat digunakan di PC gaming dan tentuya membantu memberikan kinerja visual yang lebih efisien pada mobile dan tablet.

Android N juga memiliki compiler JIT baru yang dikatakan dapat meningkatkan daya tahan baterai dan berdampak pada ukuran aplikasi menjadi 50% lebih kecil dan 75% lebih cepat pada saat menginstal aplikasi.

perfoma

7. Emoji Baru

Google memperbarui set emoji untuk Android N dengan menambahkan emoji baru yang lucu. Perusahaan ini juga mengusulkan bahwa asosiasi Unicode mengadopsi 13 emoji baru untuk mewakili karakter perempuan profesional.

8. Easter egg

Android N belum memiliki version number, tapi hal ini tidak menghentikan tradisi Google untuk menempatkan Easter egg mereka ke dalam versi-versi yang akan datang. Jika kamu belum menyadarinya, setiap versi Android memiliki menu tersembunyi yang dapat diakses dengan menekan nomor versi dalam pengaturan sistem berulang kali.

Ya, ini bukan sebuah fitur yang besar namun, kita mungkin akan sedih jika tidak ada fitur ini. Yang satu ini memang sedikit mengecewakan karena sampai saat ini logo dari Android versi N ini hanya sebuah logo N. Tetapi mari kita sama-sama menunggu dan memberikan waktu bagi pihak Google dalam  memilih nama yang yang tepat untuk versi N ini, tidak diragukan lagi bahwa kita akan mendapatkan nama Nougaty atau New York cheesecakey Easter egg dengan versi final.

Dilihat 1,415 kali

Related Posts

About The Author

menuntut ilmu merupakan tasbih. mencari ilmu merupakan jihad. mengajarkan ilmu melapangkan jalan ke surga. mengajarkan ilmu merupakan sedekah mengajarkan ilmu merupakan taqarrub/pendekatan diri kepada Allah Swt