Accelerated Mobile Pages Sekarang Tampil pada Hasil Penelusuran Google

google-amp-article-search

Accelerated Mobile Pages Sekarang Tampil pada Hasil Penelusuran Google – Bulan lalu, Google mengumumkan halaman yang menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP) akan segera muncul di penelusuran mobile. Fitur ini sekarang diluncurkan di seluruh dunia dengan 600 juta halaman AMP mulai dari eBay, Reddit, WikiHow dan masih banyak lagi.

Katika AMP diluncurkan pada bulan Februari, AMP hanya terbatas ditampilkan untuk artikel berita didalam carousel Top Stories di penelusuran mobile. AMP pertama kali tersedia pada web mobile, sekarang artikel AMP juga dapat ditemukan di Google Apps untuk Android, iOS, dan tentu saja Google News. Sejak itu partner yang lain seperi eBay dan Pinterest sudah mulai membangun website versi AMP mereka agar beban muat jadi lebih ringan dan cepat.

Website dengan dukungan AMP dalam penelusuran akan ditandai dengan ikon petir. Halaman yang terbuka akan menampilkan bar putih pada bagian atas yang berisi daftar domain dan memiliki tombol close pada bagian kiri. Tidak seperti News Stories, tidak ada carousel atau slider disana namun cukup melakukan swipe atau menyapu layar smartphone untuk melihat artikel dari website lainnya.

amp-result-v3-cellphonecase

Google mengatakan saat ini ada 600 juta dokuman atau halaman AMP yang dibuat oleh eBay, Reddit, Shopify, Konga, WikiHowm Cyberhook, Skyscanner dan masih banyak lagi dengan 232 halaman lokal dan 104 bahasa. Halaman ini mencakup website ritel, wisata, resep, pengetahuan umum dan hiburan.

AMP merupakan upaya industri internet untuk mempercepat dan meningkatkan halaman web mobile dengan membuatnya lebih ringan namun masih kaya fitur. Google menyebutkan bahwa waktu muat rata-rata sebuah artikel AMP adalah kurang dari 1 detik dan menggunakan data 10 kali lebih sedikit untuk satu halaman penuh.

Dilihat 223 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist