Akhirnya, Chrome 59 Bakal Mendukung Gambar Animasi APNG

Chromebook Acer

Chrome 59 Bakal Mendukung Gambar Animasi APNG – Rilis Google Chrome berikutnya bakal mendukung gambar animasi PNG. Seorang Googler mangatakan dalam sebuah komentar dalam bug report ticket di website Chromium.

Googler tersebut mengatakan bahwa extensi khusus untuk Chrome dibawah versi 59 akan tersedia di Chrome Web Store. Namun untuk Chrome versi 59 pengguna tidak memerlukan ekstensi apapun untuk menjalankan gambar animasi PNG.

Seseorang menanyakan mengenai perihal tersebut (teks asli dalam Bahasa Inggris)

Ini artinya Chrome tersebut akan mendukung sepenuhnya apng tanpa extensi?

Seorang Googler menjawab dengan jawaban seperti berikut

Ya, Chrome 59 dapat menjalankan animasi PNG tanpa membutuhkan ekstensi browser apapun.

Saat ini Chrome versi stabil adalah versi 57, sedangkan versi 59 baru tersedia pada Dev Channel. Kamu bisa mencoba Chrome versi developer disini.

Animasi PNG atau lebih singkat disebut APNG, adalah jenis berkas format gambar baru yang fungsinya persis seperti animasi gambar GIF. Namun tidak seperti GIF, APNG mendukung format gambar 24 bit dan 8 bit dengan latar transparan.

Usulan untuk menambahkan dukungan untuk animasi PNG pertama kali muncul di Chromium di Google Git pada bulan Maret tahun 2008 yang lalu, namun akhirnya fitur ini dikonfirmasi akan hadir diterapkan secara publik pada Chrome 59.

Beberapa browser seperti Firefox telah lama mendukung format APNG ini. Tapi APNG baru mulai populer akhir-akhir ini terutama karena Apple sudah mengadopsi format berkas APNG ini untuk aplikasi iMessage pada iOS 10.

Jika kamu penasaran ingin mengetahui lebih lanjut kenapa Google membutuhkan waktu lama untuk mengadopsi format berkas APNG ini. Kamu dapat membaca percakapan antara developer Google disini.

Dilihat 254 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist