Android 9 Pie Resmi Dirilis Hari Ini

Setelah 1 tahun pengembangan dan Google pun telah merilis 5 versi developer preview akhirnya Android 9 keluar dari versi beta. Tidak disangka-sangka ternyata nama untuk Android P bukan seperti yang dirumorkan seperti Popsicle. Secara resmi Google hari ini merilis versi final dari Android P dengan nama “Pie”.

Seperti yang diumumkan pada Google I/O bulan Mei lalu. Android P berfokus pada kesederhanaan dan kemampuan yang lebih cerdas. Kesederhanaan pada Android Pie ini yaitu penggunaan gesture untuk melakukan navigasi dan multitasking. Hal ini juga demi mengoptimalkan smartphone saat ini yang rata-rata tidak menggunakan tombol fisik serta menggunakan poni.

Sedangkan pada sisi kecerdasan, Google telah menyematkan kemampuan machine learning pada beberapa fitur seperti Adaptive Battery untuk mengoptimalkan daya tahan baterai, Adaptive Brightness yang dapat mempelajari preferensi kamu dalam memilih tingkat kecerahan layar, App Action di dalam app drawer yang dapat menyarankan beberapa shortcut dari aplikasi yang sering kamu pakai.

Adaptive Battery Android Pie

Menariknya ada 1 fitur lagi yang menjadi sorotan di Android 9 Pie yaitu Digital Wellbeing. Fitur ini dapat merekam berapa lama kamu menggunakan aplikasi tertentu, berapa notifikasi yang kamu terima dan berapa kali kamu meng-unlock smartphone kamu. Selain itu fitur yang paling dibutuhkan adalah App Timer, jadi kamu dapat membatasi penggunaan aplikasi tertentu yang dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas. Apa saja fitur lengkapnya bisa kamu lihat disini.

Digital Wellbeing Android Pie

Sayangnya versi final Android 9 Pie baru tersedia untuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Namun Google mengkonfirmasi 8 perangkat Android lain seperti OnePlus 6, Essential PH‑1, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro dan Vivo X21 akan mendapat versi final pada akhir musim gugur tahun ini yaitu sekitar akhir bulan September. Sementara untuk Android One masih belum jelas versi apa saja yang akan mendapat update tahun ini.

Anna Erdiawan :From developer, become tech journalist
Disqus Comments Loading...