Android N Developer Preview Rilis Final, Apa Saja yang Baru?

Android N Logo

Android N Developer Preview Rilis Final, Apa Saja yang Baru? – Dengan dirilisnya Android N Developer Preview 5, Android 7.0 Nougat mendekati peluncurannya pada musim panas ini, diperkirakan bulan Agustus nanti. Developer Preview ini ditujukan untuk pengembang agar dapat memperbaharui aplikasi mereka agar kompatibel dengan Android terbaru. Dengan rilis final yang semakin dekat maka semakin dekat pula dengan rilis image (ROM) untuk perangkat Nexus, Pixel C dan Android One.

Mereka yang telah terdaftar dalam program beta Android akan mendapatkan update melalui OTA segera. Namun jika kamu tidak sabar, kamu bisa mengunduh factory image-nya di halaman ini.

Menurut Google update ini berisi update system behavior dan UI, perbaikan bug, optimalisasi seluruh sistem dan aplikasi yang terpasang.

Easter Egg Android 7.0

Dengan nama Nougat yang telah resmi untuk Android 7.0, Google juga meng-update Easter Egg Android 7.0 yang biasanya muncul pada setiap versi Android. Dua versi Android Lollipop dan Marshmallow sebelumnya dengan Easter Egg berupa game sejenis Flappy Bird. Easter Egg pada Android 7.0 kali ini berbeda.

Pada layar Easter Egg, dengan mengetuk beberapa kali huruf N akan muncul sebuah emoji kucing. Menurut Droid Life game-nya menagkap kucing. Mengenai bagaimana cara memainkannya akan kita tulis pada artikel terpisah. Selain itu huruf N yang sebelumnya berwarna biru ungu sekarang memiliki warna yang lebih soft mirip seperti warna pada makanan nougat.

Perbaikan Tindakan untuk Quick Setting

Pada Developer Preview 4, ketika mengetuk Quick Setting untuk mematikan WiFi atau Bluetooth malah terbuka window baru untuk memilih WiFi atau perangkat Bluetooth. Nah pada Developer Preview 5 tindakan ini telah diperbaiki. Dengan menekan salah satu Quick Setting misalnya WiFi maka WiFi akan mati atau menyala.

Pembaharuan Google Camera versi 4.1

Pada Developer Preview 5, Google Camera di perbaharui ke versi 4.1 dari versi 3.2 dengan penambahan beberapa fitur baru. Ketika tombol Timer/HDR/Flash ditekan, tombol akan melebar dengan menampilkan banyak tombol tujuannya agar lebih mudah ditekan.

Selain itu ketika ingin melihat foto terakhir yang diambil, animasi zoom-in akan muncul ketika diketuk. Tampilan aplikasi pun ada peningkatan, icon Google Photos telah diganti dengan tombol “All Photos”. Dan ketika foto HDR sedang diproses maka icon akan berputar (spin).

Pengaturan juga menerima desain baru yang membuatnya menjadi lebih cepat untuk mengubah opsi dengan menampatkannya di layar utama tanpa harus mencarinya kedalam menu lainnya. Pengguna juga dapat mengubah tombol volume untuk aksi tertentu. Secara default tombol tersebut diatur untuk bertindak sebagai tombol shutter. Tombol manual exposure sekarang sudah dihapus dari layar utama.

App Info bisa menampilkan informasi sumber instalasi

App Info sekarang bisa menampilkan informasi dari mana sebuah aplikasi terinstall. Apakah aplikasi tersebut terinstall dari Play Store atau dari sumber lain atau bahkan dari app store pihak ketiga.

android-dp5-app-info

Informasi tersebut dapat dilihat dibagian bawah dari App Info sebuah aplikasi.

Artikel ini masih akan diupdate

Dilihat 546 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist