Android N Memiliki Fitur Freeform Window Mirip Seperti Remix OS

freeform-windows

Android N Memiliki Fitur Freeform Window Mirip Seperti Remix OS – Google cukup memberikan kejutan dengan merilis Android N Developer Preview lebih awal. Beberapa fitur baru pun dihadirkan seperti multi window, screen zoom, direct reply notification, doze yang ditingkatkan, dark mode dan sebagainya. Dari semua fitur tersebut fitur multi window lah yang mencuri perhatian. Multi window ini merupakan kemampuan yang telah digunakan pada sistem operasi komputer desktop. Baru baru ini ditemukan fitur baru di Android N Developer Preview yang membuatnya memiliki kemampuan seperti di sistem operasi komputer desktop.

Dilansir dari Android Authority, Ars Technica yang mengungkapkan temuan ini, dimana mereka mencatat kehadiran sebuah istilah acuan bernama ‘freedom mode,’ dimana lewat fitur tersebut pengguna bisa bebas melakukan menata ulang ukuran (resize) juga memindahkan tiap aplikasi dalam format windowed; mirip seperti yang bisa kamu lakukan selama ini di sistem operasi komputer desktop.

freeform window android n

Fitur ini tampaknya akan disiapkan untuk perangkat yang menggunakan layar sentuh berukuran besar dan para produsen perlu menyertakan dukungan untuk fitur tersebut jika ingin menghadirkannya di produk mereka.

Meski fitur bisa berjalan, tetapi Ars Technica menunjukkan, iterasi saat ini fitur belum sempurna. Fungsi dasarnya seperti mengubah ukuran dan memindahkan tetap ada, namun ada beberapa keterbatasan, misalnya bagaimana menampilkan aplikasi tersembunyi di balik aplikasi lainnya.

Sistem operasi Android yang menggunakan fitur yang persis seperti ini adalah Remix OS. Kekurangannya tidak semua aplikasi mendukung resize, jadi tampilan aplikasinya menjadi berantakan.

Via Android Authority
Dilihat 654 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist