Android O Fokus pada Vitals untuk Tingkatkan Keamanan, Kinerja, dan Daya Baterai

Google Play Protect

Android O Fokus pada Vitals – Android O diumumkan dua bulan lalu dan pada I/O Google mengumumkan pembaharuan baru seperti fitur picture in picture (kamu dapat memutar video sambil membuka aplikasi lain), notification dots (kamu bisa melihat notifikasi langsung dengan menekan agak lama icon aplikasi), smart text selection (setiap teks yang disorot akan menampilkan aksi tertentu), Auto-Fill (kamu tidak perlu mengisi form seperti username dan password berkali-kali) dan masih banyak lagi.

Namun Google mengetakan update fitur besar untuk Android tahun ini bahwa Android akan fokus pada “vitals” yaitu fokus pada peningkatan baterai (battery life), masalah keamanan (security), waktu startup Android (startup time) dan kestabilan (stability).

Untuk masalah keamanan atau security, Google memperkenalkan fitur baru yang disebut Google Play Protect. Google sebelumnya telah memindai semua aplikasi di Google Play Store untuk memastikan tidak ada aplikasi berbahaya, namun sekarang sekarang pada bagian “updated apps” di Play Store akan menampilkan kapan terakhir kali perangkat dipindai atau scan.

Untuk startup time atau waktu boot sistem operasi, Google mengatakan bahwa sistem seharusnya dapat melakukan boot sistem operasi dua kali lebih cepat dan aplikasi secara default juga terbuka lebih cepat. Hasil ini adalah hasil dari “perubahan ekkstensi” terhadap inti dari sistem operasi, kata Android Producer Manager, Sthepanie Saad Cuthberson seperti dikutip dari TheVerge.

Pada baterai, Android sekarang telah menerapkan apa yang disebut dengan “wise limit” secara background dan memastikan tidak ada aktifitas aplikasi yang menguras daya baterai saat aplikasi tidak diperlukan.

Dari sisi developer, Google telah memperkenalkan dashboard baru pada Google Play Console. Update barunya developer akan melihat menu baru seperi vitals, release management, Android Instant Apps dan masih banyak lagi yang dapat kamu lihat disini.

Intinya dengan fitur baru ini diharapkan developer dapat mengawasi kinerja aplikasinya yang dapat mempengaruhi metrik tertentu. Misalnya aplikasi menyebabkan baterai dapat berkurang drastis atau penggunaan RAM yang membengkak. Jadi developer dapat menghentikan peluncuran aplikasinya untuk diperbaiki terlebih dahulu.

Dilihat 283 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist