Android Things Developer Preview 2 Dirilis dengan Dukungan TensorFlow untuk Machine Learning

Android Things

Android Things Developer Preview 2 Dirilis dengan Dukungan TensorFlow – Mengikuti rebranding sistem operasi Google untuk IoT bulan Desember tahun lalu, versi terbaru developer preview dari Android Things telah tersedia dengan perbaikan bug dan beberapa fitur berdasarkan feedback dari developer. Selain itu yang paling penting dari versi terbaru ini adalah penambahan kemampuan untuk menjalankan TensorFlow pada perangkat untuk machine learning dan computer vision.

Memanfaatkan kepopuleran Android yang saat ini dominan dan dengan pengembangan yang sudah familiar dikalangan developer. Platform Internet of Things ini bertujuan memungkinkan setiap developer Android dapat dengan cepat membangun perangkat smart home menggunakan API Android dan Google service yang telah dikenal.

Google berencana merilis versi developer preview baru setiap enam sampai delapan minggu dengan fitur baru dan perbaikan bug. Developer Preview 2 (DP2) kini telah menambahkan dukungan untuk platform Intel Joule, disamping itu juga telah mendukung NXP Pico, Intel Edision dan Raspberry 3. Dua perangkat terakhir telah mendapatkan dukungan USB Audio. Tim juga sedang bekerja memperbaiki issue pada dukungan Bluetooth.

Fitur yang paling banyak di-request oleh developer sejak Desember diluncurkan ialah kemampuan untuk menjalankan machine learning dan computer vision pada perangkat. Google telah memperlihatkan demonstrasi TensorFlow yang berjalan pada Android Things dengan akses awal library untuk ARM dan x86 yang sekarang telah tersedia.

Sampel ini mendemonstrasikan pengaksesan kamera, melakukan pengenalan objek dan klarifikasi citra (image clarification) dan berbicara sebagai hasil menggunakan text-to-speech (TTS).

tensorflow_sample_dog
Sampel TensorFlow mengidentifikasi jenis anjing

Image (ROM) Developer Preview 2 sudah tersedia sekarang, kamu bisa men-download-nya disini. Kamu dapat melihat catatan rilis lengkapnya disini.

Dilihat 164 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist