Apa itu Android Activity Lifecycle?

activity lifecycle

Pada artikel pertama ini saya akan membahas tentang apa itu Android activity lifecycle. Secara sederhananya, activity lifecycle adalah tahapan yang akan dilalui oleh sebuah activity di Android.

Sebuah activity akan mengalami tahapan mulai dari saat activity itu dibentuk, mulai dijalankan, hingga akhir nya activity itu akan berhenti dan dimusnahkan dari memory. Tahapan itu adalah

  1. onCreate
  2. onStart
  3. onResume
  4. onPause
  5. onStop
  6. onDestroy
activity_lifecycle
android lifecycle (Via Android Developers)

onCreate()

Dari semua tahap pada Android lifecycle, tahap ini mungkin merupakan ini adalah tahapan yang paling sering ditemui. OnCreate adalah tahap yang akan dilalui ketika activity baru diciptakan oleh sistem. Pada tahap ini, biasanya terdapat perintah

yang berfungsi untuk memuat resources layout ke activity.

onStart()

Tahap ini akan dilalui ketika sebuah activity baru saja di buat, dan ditampilkan ke layar.

onResume()

Tahap ini akan dilalui ketika activity yang sudah tampil “diaktifkan” dan siap menerima inputan dari pengguna. Ketika activity baru saja dibuka, biasanya sebuah activity akan melalui onCreate, onStart, dan onResume secara cepat.

onPause()

Tahap ini akan dilalui activity ketika activity masih terlihat oleh pengguna, namun tidak dapat menerima input-an apa-apa dari pengguna.

locationhistorydialog
activity dalam status onPause

Activity dalam status onPause biasanya terjadi karena tertutup dengan sebuah alert. Sehingga activity masih dapat terlihat sebagian oleh pengguna, tetapi tidak dapat menerima inputan dari pengguna.

onStop

Activity pada akan berada pada status ini apabila activity tersebut tidak lagi terlihat oleh user. Hal ini bisa disebabkan karena pengguna membuka activity lain dari notifikasi atau menekan tombol home.

onDestroy

Ketika sistem sedang dalam keadaan membutuhkan memory. Dan terdapat aplikasi yang berada dalam status onStop. Maka sistem dapat menghapus activity dari sistem. Dan pada saat itu lah activity berada dalam status onDestroy.

Itu dia 6 status dalam Android activity lifecycle. Sedikit catatan, bahwa ketika sebuah activity sedang dalam status onStart, atau onResume. Kemudian layar handphone diputar hingga orientasi handphone berubah (semisal dari portrait ke landscape). Maka activity akan secara cepat masuk ke onPause, onStop, onDestroy, lalu sistem akan membuat kembali activity yang baru. Hal ini akan mengakibatkan data dalam activity sebelumnya akan hilang.

Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat.

Dilihat 458 kali

Related Posts

About The Author