Aplikasi Baru Google “Trusted Contacts” Bantu Lacak Posisi Keluarga Kamu

trusted-contacts

Aplikasi Baru Google Trusted Contacts Bantu Lacak Posisi Keluarga Kamu – Mungkin kamu pernah keluar bersama teman-teman kamu hingga larut malam sampai kamu lupa memberi tahu orang tua kamu. Pada posisi ini orang tua akan akan khawatir dengan kamu yang hingga larut malam belum pulang, apalagi untuk anak perempuan. Atau orang tua kamu yang sedang pergi keluar kota untuk keperluan tertentu, namun kamu kesulitan untuk menghubunginya. Entah orang tua kamu sudah sampai ditujuan atau belum.

Google kemarin merilis aplikasi baru bernama Trusted Contacts. Aplikasi ini memungkin kamu berbagi lokasi dengan orang yang kamu cintai dalam situasi kehidupan sehari-hari.

Cara kerjanya kamu cukup sign up pada aplikasi Trusted Contacts menggunakan akun Google, kemudian tambahkan kontak keluarga kamu yang kamu percaya. Keluarga kamu akan dapat melihat status aktifitas kamu, apakah kamu sedang berpindah lokasi atau bepergian, sedang online atau tidak.

Jika kamu sedang dalam situasi dimana kamu tidak merasa aman, kamu dapat berbagi lokasi aktual dengan keluarga yang terdaftar dalam trusted contact kamu. Atau jika keluarga kamu khawatir dengan kamu, mereka dapat meminta untuk melihat lokasi kamu. Jika kamu merasa dalam keadaan baik-baik saja, kamupun bisa menolaknya. Tetapi jika kamu tidak merespon dalam waktu yang wajar, maka lokasi kamu otomatis akan dibagikan.

How Trusted Contacts Works
Cara kerja aplikasi Trusted Contacts

Intinya dengan menggunakan aplikasi Trusted Contacts ini, pengguna yang berada dalam lingkarannya dapat berbagi lokasi secara realtime, namun dengan syarat pengguna tersebut bersedia berbagi lokasi (location sharing).

Menariknya aplikasi ini dapat bekerja dengan baik sekalipun smartphone kamu lagi dalam keadaan mati atau dalam tidak terkoneksi internet. Aplikasi ini masih bisa menunjukkan lokasi terakhir kamu online.

Aplikasi Trusted Contacs sudah tersedia dan bisa kamu download di Play Store. Namun untuk mengguna iOS, aplikasi ini masih dalam tahap pengerjaan. Kamu bisa mendaftar disini jika aplikasi ini telah dirilis untuk pengguna iOS.

Dilihat 5,255 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist