Aplikasi Google Backup and Sync Kini Tersedia untuk Diunduh bagi Pengguna Mac dan Windows

Google Backup and Sync

Aplikasi Google Backup and Sync Kini Tersedia untuk Diunduh – Setelah ditunda perilisannya bulan lalu, aplikasi desktop Google Backup and Sync untuk Mac dan Windows akhirnya tersedia untuk di download. Dengan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya, kini kamu hanya cukup menggunakan satu aplikasi untuk mem-backup semua berkas dokumen dan foto. Jadi kamu tidak perlu mem-backup berkas di dua aplikasi Google Drive dan Google Photos.

Persis seperti aplikasi uploader Google Photos, foto dan video dari kamera yang terkoneksi ke komputer atau dari SD card dapat secara otomatis di-backup. Kamu bisa memilih untuk meng-upload dengan kualitas original atau kualitas high. Jika kamu memilih kualitas high maka foto akan dikompresi. Namun tenang saja jika kamu khawatir foto akan menjadi jelek, Google Photos telah menggunakan teknologi machine learning, jadi foto akan tetap bagus walaupun terkompresi.

Ditujukan untuk pengguna reguler, tampilan aplikasi ini sangat sederhana. Pengguna bisa memilih sendiri folder yang ingin di backup. Pada toolbar di Mac atau system tray di Windows pengguna dapat memonitor proses upload.

Bagi pengguna G Suite sayangnya masih belum bisa menggunakan aplikasi Backup and Sync. Google memfokuskan khusus untuk pengguna korporasi menggunakan Google Drive File Stream yang saat ini masih dalam tahap uji coba. Google Drive File Stream akan tersedua akhir tahun ini untuk semua pengguna G Suite Basic, Business, Enterprise, Education dan domain Nonprofits.

Khusus pengguna Mac membutuhkan macOS versi 10.9 atau yang lebih tinggi untuk menjalankan aplikasi ini, sementara pengguna Windows dapat menggunakan Windows 7 atau yang lebih tinggi. Kamu bisa men-download aplikasi ini di website Google Drive atau Google Photos.

TheVerge, Featured Image: Engadget

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist