Belajar Koding dengan Aplikasi Grasshopper dari Google Area 120

Area 120 adalah internal incubator milik Google telah merilis beberapa aplikasi menarik seperti aplikasi smart response yang fungsinya mirip dengan fitur smart reply, kemudian AdVR eksperimen menjalankan ads didalam VR, tools booking yang disebut Appointments dan masih banyak lagi.

Tujuan dibuatnya inkubator ini ialah menemukan terobosan produk baru dan mempertahankan engineer berbakat yang mungkin telah meninggalkan perusahaan untuk mengerjakan projectproject passion atau startup mereka sendiri.

Kali ini tim Area 120 membuat aplikasi baru yang disebut Grasshopper, aplikasi ini dapat membantu kamu belajar koding langsung dari smartphone. Sederhananya, Grasshopper akan mengajari kamu belajar koding dalam bahasa Javascript. Penggunaannya mirip dengan aplikasi Duolingo yang mengajarkan bahasa asing.

Aplikasi ini menawarkan serangkaian course, dimulai dengan “The Fundamentals”, di mana pengguna belajar bagaimana sebuah kode bekerja, belajar dengan berbagai terminologi seperti fungsi, variabel, string, loop, array, conditional, operator, dan objek.

Untuk mulai belajar kamu diharuskan terlebih dahulu login menggunakan akun Google kamu. Diawal kamu akan diajarkan dasar-dasar pemrograman dan akan diberi beberapa kuis. Semakin kamu lanjutkan, kamu akan diberi lebih banyak materi pelajaran untuk dipelajari dan bahan latihan. Tujuannya untuk membantu kamu menguasai pelajaran.

Selain itu dalam aplikasi ini terdapat fitur yang membantu kamu untuk tetap termotivasi seperti acchievements dan indikator progress belajar.

Tim Grasshopper mengatakan bahwa mereka saat ini belum berfokus pada perluasan bahasa pemrograman diluar Javascript. Menurut mereka Javascript digunakan lebih dari 70 persen developer profesional.

“Kami melihat Grasshopper sebagai landasan pacu untuk memperkenalkan orang-orang dengan kode. Untuk sepertiga pengguna kami, Grasshopper pertama kalinya berjumpa dengan koding,” kata Laura Holmes, lead tim Grasshopper.

“Banyak orang berfikir bahwa koding bukan untuk mereka atau tidak memiliki akses dan waktu yang diperlukan untuk mempertimbangkannya sebagai jalur karir yang layak, dan kami ingin membantu mengubah persepsi itu,” tambahnya.

This slideshow requires JavaScript.

Jika kamu tertarik mencoba Grasshopper, kini sudah tersedia untuk kamu download di Play Store untuk Android dan AppStore untuk iOS.

Dilihat 654 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist