App Indexing: Kenapa Ini Penting Untuk Masa Depan Penelusuran di Perangkat Mobile

app indexing

App Indexing Kenapa Ini Penting Untuk Masa Depan Penelusuran di Perangkat Mobile – Saat ini diperkirakan pengguna smartphone di dunia mencapai 2,6 milyar, sedangkan di Indonesia sendiri mencapai 55 juta pengguna smartphone, jumlah yang sangat besar. Bahkan beberapa orang menggunakan internet pertama kalinya menggunakan smartphone bukan PC.

Berkat Google dengan sistem operasi Android besutannya yang membuat smartphone menjadi sangat terjangkau dan berkontribusi merevolusi jumlah penggunaan smartphone didunia. Faktanya sekarang pengguna melakukan berbagai hal pada perangkat smartphone-nya tidak hanya untuk komunikasi.

Chromplex sendiri kurang lebih 80% visitornya menggunakan perangkat mobile. Google sekarang menunjukkan perhatian lebihnya pada mobile.

Sinyal peringkat untuk website mobile friendly dan proyek AMP

Pada bulan April tahun lalu Google mengumumkan perubahan algoritma mesin pencarinya agar setiap website mendukung perangkat mobile dengan tampilan yang responsive. Jika tidak maka website tersebut akan diturunkan peringkatnya pada mesin pencari. Bahkan Google menambah sinyal peringkat untuk website mobile friendly yang akan berlaku pada bulan Mei tahun ini.

Selain itu pada bulan Oktober tahun lalu Google juga telah mengumumkan proyek Accelerated Mobile Pages (AMP) dengan tujuan agar website menjadi ringan ketika diakses dari perangkat mobile. Dan pada bulan Februari lalu website yang mendukung AMP sudah mulai ter-index di mesin pencari Google yang ditandai dengan icon petir. Kamu bisa mencoba halaman AMP dengan menambahkan /amp dibelakang URL artikel Chromplex.

amp search result
Gambar oleh freshegg.co.uk

Apa itu App Indexing? Apakah App Indexing produk baru?

Tidak, Google sebelumnya pernah memperkenalkan App Indexing pada tahun 2013. Sepertinya App Indexing ini tidak terlalu banyak dibicarakan. Google mulai mengangkat kembali penggunaan App Indexing ini.

Pada event Google for Mobile, di Jakarta beberapa waktu lalu Chromplex mengikuti sesi Engage Track. Pada materi Integrate Your App with Google Search, Rica Handayani Partner Development Manager, Global Product Partnership mengatakan bahwa setiap pengguna di AS masing masing memiliki 33 aplikasi di smartphone-nya namun hanya 1/3 yang digunakan. Kemudian dari 20% aplikasi yang di-download hanya digunakan 1 kali saja. “Data di AS tersebut tidak jauh berbeda dengan di Indonesia” Rica menambahkan.

Rica Handayani, Google for Mobile Slide Deck

Rica juga mengatakan salah satu cara agar pengguna menggunakan aplikasi kamu kembali yaitu dengan App Indexing. Apa itu App Indexing? Dengan App Indexing konten pada aplikasi kamu akan ter-index dan visible di mesin pencari Google. Jika aplikasi kamu telah mendukung App Indexing dan pengguna telah menginstalnya, otomatis penelusan Google akan menampilkan deep linking konten aplikasi kamu yang tentu akan membuat aplikasi kamu kembali dibuka. Mirip seperti pada web namun ketika kamu klik link tersebut maka otomatis konten tertentu pada aplikasi kamu akan terbuka. Tidak hanya untuk aplikasi berita ini juga bisa untuk aplikasi eCommerce, aplikasi travel, aplikasi review makanan bahkan restoran.

app indexing

Selain itu jika pengguna telah membuka aplikasi kamu dan kemudian mencari konten serupa di penelusuran Google. Kamu bisa menggunakan App Indexing API agar deep link konten aplikasi kamu muncul di saran (suggestion) penelusuran.

app indexing

Kenapa App Indexing penting untuk diterapkan?

Selain akan mendorong kembali pengguna agar menggunakan aplikasi kamu. Menariknya aplikasi yang telah mendukung App Indexing akan menambah sinyal peringkat mesin pencari Google. Tetap saja konten adalah nomor satu, namun App Indexing ini juga cukup memberikan dampak.

ranking signal app indexingRica mencontohkan aplikasi seperti AliExpress yang telah menerapkan App Indexing mempu meningkatkan jumlah klik sebanyak 35%, aplikasi The Guardian meningkatkan CTR (Click Through Rate) sebanyak 4,5% dari aplikasi deep link yang muncul melalui web. Contoh sukses penerapan App Indexing lainnya kamu bisa lihat potongan slide deck berikut

App Indexing Success Story App Indexing Success Story

Dengan App Indexing Google mengatakan ini akan meningkatkan pengalaman pengguna karena bersifat native menjadi lebih cepat dan mudah. Perlu diingat bahwa segala halnya sekarang sudah bergeser ke mobile.

Jika kamu telah memasang aplikasi Chromplex terbaru, seharusnya telah mendukung App Indexing. Mengenai bagaimana penerapannya App Indexing ini pada aplikasi kamu Chromplex akan memberikan tutorialnya, tetap stay tuned di Chromplex.

Baca Selanjutnya : Tutorial App Indexing: Mengembangkan Aplikasi Android Agar Terindex Mesin Pencari Google (Bagian 1)

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist