ARCore, Google Bawa Augmented Reality ke Android Tanpa Perlu Hardware Khusus

arcore

ARCore Google Bawa Augmented Reality ke Android Tanpa Perlu Hardware Khusus – Sebelumnya platform untuk teknologi Augmented Reality adalah Project Tango. Jika dilihat Project Tanggo yang kini sudah berusia 3 tahun tidak cukup sukses dipasaran karena perangkatnya yang membutuhkan lensa dan sensor khusus. Namun hari ini Google baru saja meluncurkan platform baru AR untuk perangkat Android yang tidak memerlukan lensa atau sensor tambahan. Hal ini juga sekaligus menjawab platform ARKit yang diumumkan Apple pada bulan juni lalu.

Google mengatakan ARCore dibangun di atas Project Tango, namun Google menggaris bawahi bahwa mereka telah mengembangkan teknologi fundamental yang mentenagai AR di mobile selama tiga tahun terakhir. Platform ini memiliki fokus pada tiga hal

  • Motion tracking: Dengan menggunakan kamera telepon untuk mengemati fitur point di ruangan dan data sensor IMU, ARCore menentukan posisi dan orientasi telepon saat bergerak. Objek virtual tetap ditempatkan secara akurat.
  • Envirinmental understanding: Sudah umum objek AR ditempatkan dilantau atau meja. ARcore dapat mendeteksi permukaan horizontal menggunakan fitur point yang sama untuk melacak pergerakan (motion trecking).
  • Light estimation: ARCore mengamati cahaya di lingkungan sekitar dan memungkinkan developer menyalakan benda virtual dengan cara yang sesuai dengan lingkungannya, sehingga penampilannya menjadi lebih realistis.

Perbedaan utama dari project ATAP yang orisinil adalah kemampuan ARCore yang dapat berjalan tanpa menggunakan perangkat keras tambahan. Itu artinya platform ini akan dapat bejalan dijutaan perangkat Android saai ini termasuk Pixel dan Samsung Galaxy S8 yang menjalankan Android Nougat. Developer akan dapat membuat aplikasinya menggunakan bahasa Java/OpenGL, Unity dan Unreal Engine mulai hari ini. Software Developer Kit (SDK) ARCore sudah tersedia hari ini dalam versi preview.

Google menargetkan 100 juta perangkat akan dapat mengunakan plarform ini pada akhir versi preview. Google juga telah bekerja sama dengan mitra manufakturnya seperti Samsung, Huawei, LG, ASUS dan lainnya untuk menjaga kualitas dan berkinerja tinggi.

BACA JUGA  Aplikasi Google+ Versi 7,2 untuk Android Telah Rilis dengan Fitur Chrome Custom Tab

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist