Cara Mengatasi Google Chrome “cannot read and write to its data directory”

cara mengatasi Google Chrome cannot read and write to its data directory Header

Chromplex – Buat kamu yang ingin tahu cara mengatasi Google Chrome cannot read and write to its data directory dan apa sih penyebab masalah ini bisa terjadi. Ini loh penjelasan singkat dan apa yang harus kamu lakukan jika terjadi.

Sebuah program atau aplikasi bisa saja mendadak tidak bisa digunakan sehingga terkadang membuat kita bingung apa penyebabnya padahal tidak mengubah sesuatu sama sekali. Begitu juga Google Chrome, browser paling populer yang dikembangkan oleh perusahaan IT raksasa Google tidak luput dari masalah.

Salah satu yang sering persoalan yang sering dialami pengguna Google Chrome merupakan pemberitahuan cannot read and write to its data directory atau artinya Google Chrome tidak bisa membaca atau menulis di lokasi direktori dia terpasang.

Masalah ini sebenarnya disebabkan oleh hal yang cukup sederhana kok, yakni soal permission atau izin untuk melakukan tulis dan baca di direktori Google Chrome terpasang. Biasanya kamu yang mengalami hal ini menggunakan akun yang bukan administrator sehingga akses yang diberikan terbatas. Namun terkadang walaupun kamu sudah administrator tetap bisa mendapatkan masalah serupa.

Nah untuk cara mengatasi Google Chrome cannot read and write to its data directory sebenarnya cukup mudah kok. Berikut langkah – langkah yang harus kamu lakukan di sistem operasi Windows.

Cara Mengatasi Google Chrome cannot read and write to its data directory

  1. Klik kanan shortcut dari Google ChromeGoogle Chrome Properties Menu
  2. Pilih Properties lalu kategori Compability
  3. Pada kolom Setting di bagian bawah, ceklis “Run this program as an administrator”Google Chrome Compability Menu
  4. Tahap akhir pilih Apply dan OK. Voila masalah pun sudah teratasi
BACA JUGA  Mengembangkan Android App Menggunakan Firebase Real Time Database (Bagian 2)

Jika kamu masih mengalami masalah serupa, maka kamu bisa mencoba untuk uninstall Google Chrome terlebih dahulu dan hapus folder yang ada C:\Users\<username>\AppData\Local\Google. Selanjutnya baru kamu kemudian install kembali Google Chrome dengan pengaturan run as admin.

Selain itu juga ada Google Chrome cannot read and write to its data directory dengan memodifikasi datar registry yang ada. Buat kamu yang paham bisa mencoba hal ini terlebih dahulu sebelum mencoba solusi metode di atas.

Baca Juga:

Metode Registry Editor

  1. Jalankan Registry Editor dengan cara ketik run > regedit di start menu
  2. Kunjungi HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Google\Chrome
  3. Hapus semua data UserDataDir
  4. Restart komputer

Seperti itu lah cara mengatasi Google Chrome cannot read and write to its data directory buat kamu yang mengalami masalah tersebut. Cara ini juga sebenarnya bisa kamu lakukan untuk program lainnya dengan masalah serupa, yakni karena tidak adanya izin untuk mengakses.

Jangan lupa juga untuk menggunakan ekstensi VPN di Google Chrome terbaik agar kamu dapat berselancar di internet dengan aman, nyaman, dan tanpa hambatan.

Related Posts

About The Author