Cari Tahu Apakah Akun Google Kamu di Bobol oleh Malware Gooligan

this-is-how-gooligan-malware-works

Cari Tahu Apakah Akun Google Kamu di Bobol oleh Malware Gooligan – Malware Gooligan menyerang dengan menarget perangkat Android yang telah menginfeksi lebih dari 1 juta akun Google dan terus bertambah 13 ribu pengguna setiap harinya. Perangkat yang terinfeksi ialah Android versi 4 (Jelly Bean, Kitkat) dan Android versi 5 (Lollipop).

Malware Gooligan menyebar melalui aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga dan link berbahaya yang dissbarkan melalui pesan phising. Malware tersebut men-download rootkit untuk mencuri token otentikasi untuk membobol data dari Google Play, Gmail, Google Photos, Google Docs, G Suite, Google Drive dan aplikasinya lainnya. Tidak hanya itu, malware ini dapat meng-install aplikasi yang dapat mencuri informasi akun kamu untuk memasukkan review dan ulasan palsu untuk meningkatkan popularitas aplikasi tertentu.

Apakah akun kamu telah disusupi malware Gooligan? Untuk memeriksa apakah akun kamu telah disalahgunakan atau tidak oleh malware Googligan, berikut caranya

Periksa akun kamu di Check Point

Buka webiste Chech Point berikut dan masukkan email Google yang digunakan pada Android kamu. Jika akun kamu tidak disusupi maka akan tertulis YOUR ACCOUNT WAS NOT BREACHED

Check your account from gooligan attack

Kamu juga dapat melihat daftar aplikasi apa saja yang terinfeksi oleh malware Gooligan pada postingan Check Point. Untuk melihat aplikasi apa saja yang ter-install pada smartphone Android kamu dapat membuka pengaturan di Settings > Apps.

Apa yang mesti kamu lakukan jika akun kamu telah di hack?

Jika akun kamu telah dibobol, kamu perlu membersikan Android kamu dengan melakukan flash ulang atau clean install. Kemudian kamu juga perlu mengubah password akun Google yang kamu gunakan pada smartphone Android kamu.

Dilihat 661 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist