Chrome 56 Bisa Putar Berkas Audio FLAC Langsung dari Browser

google chrome

Chrome 56 Bisa Putar Berkas Audio FLAC Langsung dari Browser – Chrome 56 saat ini masih dalam versi beta dan akan rilis stabil sekitar seminggu lagi. Chrome versi 56 akan membawa dukungan codec untuk audio berformat FLAC. Hal ini akan memberikan cara cepat untuk memutar audio FLAC langsung melalui browser. Mungkin pengguna Mac akan merasa paling mendapat benefit dari fitur ini. Secara default Mac tidak mendukung audio FLAC secara native.

Dukungan untuk audio FLAC di Chrome telah di-request sejak tahun 2011 lalu dengan momentum besarnya pada tahun 2015. Namun, hal tersebut tertunda hingga September lalu. Firefox versi 51 nantinya juga akan mendukung audio FLAC yang saat ini juga masih beta.

Dari level OS, Windows 10 dan aplikasi memanfaatkan sistem API untuk decoding audio agar mendukung FLAC secara native. Sementara, Android sudah menambahkan dukungan audio FLAC mulai dari Android 3.1 Honeycomb dengan file yang dapat diputar langsung di aplikasi Play Music. Namun, Apple dengan iOS dan macOS nya sudah tidak lagi mendukung FLAC secara native. Sekalipun tidak didukung, aplikasi pihak ketiga seperti VLC mendukung format ini. Tapi agar dapat diputar di iTunes, berkas FLAC harus dikonversi.

Mulai dari versi 56, kamu bisa langsung memutar audio FLAC dengan membukanya melalui Chrome. Nantinya akan tampil native audio player lengkap dengan album art dan informasi track-nya.

Mungkin bagi mereka yang akrab dengan format audio lossless tanpa komresi ini memiliki solusi masing-masing untuk bisa memutarnya. Tetapi, dengan adanya fitur ini di Chrome membuat Chrome menjadi tools yang lebih serba guna.

Dilihat 305 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist