Chrome 57, Progressive Web Apps Terintegrasi Lebih Dalam dengan Android

chrome_android_launcher_shortcuts_1

Chrome 57, Progressive Web Apps Terintegrasi Lebih Dalam dengan Android – Tujuan ambisisus dibalik Progressive Web Apps ialah untuk memberi kemampuan web seperti layaknya aplikasi native namun tanpa perlu download diawal. Google sekarang mengintegrasikan PWA lebih dalam kedalam Android.

Biasanya kalau web dengan PWA hanya bisa ditambahkan ke home screen. Sekarang icon tersebut juga akan muncul di App Drawer. Fitur ini terbilang sudah lama di-request oleh developer agar pengguna tidak bingung kenapa aplikasinya terlihat tidak konsisten.

Fitur lainnya ialah kemampuan untuk muncul pada pengaturan di Android. Web dengan PWA akan memiliki App info layaknya aplikasi native di Android. Yang terakhir, notifikasi yang muncul tidak akan lagi di branded dengan Chrome, melainkan berasal dari notification control management Android native.

Google mangatakan bahwa mereka komitmen bahwa instalasi PWA akan bekerja untuk semua browser Android tidak hanya Chrome. Google akan menyediakan dokumentasi untuk browser pihak ketiga agar dapat mengintegrasikan fitur ini.

Selain itu, goal dari PWA sangat mirip dengan Android Instant Apps. Keduanya membuat aplikasi menjadi mudah untuk digunakan oleh pengguna. Ini adalah langkah pertama developer web dapat membuat aplikasi yang bisa dibilang setara dengan aplikasi native Android.

Fitur Add to Home Screen PWA baru ini akan hadir pada Chrome 57. Fitur lain yang spesifik untuk Android ialah API Media Session yang baru, hal ini memungkinkan developer meng-customize UI pada lock screen dan notifikasi. Secara khusus notifikasi media semisal musik dapat menampilkan judul, artis, nama album dan artwork (gambar album), serta dapat melakukan tindakan seeking dan skipping.

chrome-57-media-notifications-rich

Dengan rilisnya Chrome 56 stabil kemain, Chrome versi 57 sekarang sudah dalam tahap beta.

Chromium Blog, Featured image: 9to5google

Dilihat 355 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist