Chrome OS Terbaru Bakal Menjalankan Android 7.1 Nougat

samsung_chromebookplus_ces_playstore_11

Chrome OS Terbaru Bakal Menjalankan Android 7.1 Nougat – Dengan kemampuan Chrome OS menjalankan aplikasi Android, mengubah persepsi tentang sistem operasi ini. Sebelum mendukung aplikasi Android, Chrombook telah sukses di pasaran Amerika Serikat mengalahkan perangkat Mac. Apalagi dengan disematkannya kemampuan menjalankan aplikasi Android. Sekarang banyak vendor yang berlomba-lomba merilis perangkat Chromebook. Hal ini bisa dilihat pada event CES (Consumer Electronic Show) 5-8 Januari kemarin.

Walaupun baru beberapa produsen yang menjual bebas perangkat Chromebook di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan produsen lain juga tertarik menjual Chromebook di Indonesia dan produsen yang telah menjual Chromebook tertarik mengeluarkan versi barunya. Seperti Acer misalnya, kami sempat menanyakan dimana kami bisa mendapatkan Acer Chromebook 14 secara resmi. Rupanya perangkat ini sudah masuk Indonesia namun belum dijual secara bebas.

Untuk saat ini Acer Indonesia tidak memasarkan Chromebook secara retail (satuan). Bila tertarik melakukan pembelian Chromebook secara commercial/project, silakan menghubungi Contact Center 1500155 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kembali ke topik awal. Saat ini Chrome OS didasarkan pada Android 6.0 Marshmallow. Artinya aplikasi Android berjalan di Chrome OS saat ini harus mengikuti guideline Google dan dibatasi dengan API terakhir yang didukung Marshmallow. Walaupun aplikasi yang berjalan pada Marshmallow tidak jauh berbeda dengan Nougat, namun ada beberapa perbedaan penting yang membantu meningkatkan experience.

Contoh terbesarnya seperti mengubah ukuran aplikasi. Android Nougat mendukung penuh fitur multiwindow. Itu berarti aplikasi dapat diubah ukurannya sesuai dengan yang diinginkan. Pada Chromebook, fungsi ini menjadi penting jika kamu ingin membuka beberapa aplikasi sekaligus. Jadi, dengan Nougat aplikasi di Chromebook akan lebih mudah untuk digunakan dalam lingkungan multitasking.

Perubahan kecil lainnya yaitu seperti perbaikan kinerja yang dapat membantu meningkatkan bagaimana aplikasi Android berjalan pada Chromebook. Menurut salah satu pembaca di ChromeUnboxed, Lenovo ThinkPad Chromebook miliknya yang menjalankan versi canary dari Chrome OS sedang menguji coba Android 7.1 Nougat.

Dalam sebuah screenshot yang diperlihatkan pengguna tersebut, cukup jelas Chrome OS dengan Android 7.1 Nougat ini meningkatkan kemampuan multitasking. Untuk mencapai versi stabil, butuh waktu beberapa bulan mendatang.

Chrome OS with Android 7.1 Nougat
Chrome OS dengan Android 7.1 Nougat (Credit: ChromeUnboxed)
Chrome OS with Android 7.1 Nougat
Multitasking pada Chrome OS (Credit: ChromeUnboxed)

Apakah kamu tertarik dengan perangkat Chromebook? Yuk beri tahu kami pada kolom komentar dibawah ini.

ChromeUnboxed, Featured image: 9to5google

Dilihat 758 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist