Chrome Versi 59 untuk Desktop Telah Dirilis, Apa Saja yang Baru?

google chrome

Chrome Versi 59 untuk Desktop Telah Dirilis – Chrome versi 59 kini telah keluar untuk Mac, Windows dan Linux dengan pembaharuan fitur yang difokuskan untuk developer dan perbaikan keamnanan. Namun update terbesarnya ialah dukungan notifikasi native untuk macOS dan dukungan penuh untuk format gambar animasi PNG.

Setelah dalam pengembangan yang cukup lama, halaman Pengaturan atau Settings pada Chrome akhirnya mendapat sentuhan desain material. Tampilan Settings sekarang terlihat lebih rapi dengan tampilan cards.

Sebuah action bar berwarna biru terletak pada bagian atas dengan kolom pencarian didalamnya. Navigation drawer pada sisi kiri membuatnya mudah dan cepat mengakses pengaturan tertentu yang dipisahkan dengan berbagai kategori pengaturan seperti People untuk pengaturan akun, Appereance untuk pengaturan tampilan, dan masih banyak lagi.

Terdapat pengaturan lanjutan dengan menekan tombol dropdown pada menu Advanced. Pada bagian ini kamu dapat mengakses pengaturan Bahasa, Printer, dan lain lain. Halaman About pada Chrome juga didesain ulang dengan style yang serupa.

Google telah lama menggunakan sistemnya sendiri untuk mengirimkan notifikasi web dan aplikasi, tetapi kini Chrome 59 akhirnya mengadopsi notifikasi native untuk macOS. Secara visual notifikasi Chrome pada macOS terlihat lebih menyatu dengan sistem operasi. Tampilannya tidak kotak lagi seperti biasanya.

Bagi developer, Google telah menyediakan panduan untuk memanfaatkan native notifikasi ini via Notification API dan chrome.notifications. Fitur untuk developer lainnya yaitu memungkinkan developer untuk menjalankan browser dari command line. Tools Headless Chrome secara khusus ditujukan untuk menjalankan pengujian otomatis dimana UI tidak begitu diperlukan. Fitur ini telah tersedia untuk Mac dan Linux, sedangkan Windows segera menyusul.

BACA JUGA  Kerentanan di Chrome Memungkinkan Download Video dari Layanan TV Streaming Berbayar

Pada versi ini juga menambahkan dukungan penuh untuk gambar animasi PNG atau yang disebut APNG. APNG mirip dengan GIF, namun APNG telah mendukung gambar 24 bit dan gambar transparan 8 bit. Format ini telah lama didukung pada Firefox, namun format ini kembali mendapat perhatian setelah Apple mengadopsi gambar APNG pada iOS 10 untuk gambar sticker pada aplikasi iMessage. Cek disini apakah browser kamu sudah mendukung APNG.

Selain itu Chrome 59 membawa fitur Developer Tools (DevTools) baru yang bermanfaat untuk developer web, seperti Coverage Tab, Full Page Screenshot dan lain-lain. Lengkapnya dapat kamu lihat di video berikut ini.

Chrome 59 untuk Desktop telah tersedia sekarang. Update untuk Android dan Chrome OS akan segera menyusul.

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist