Demi Menghalau Stagefright, Android N Memiliki Sistem Keamanan Baru

android n

Demi Menghalau Stagefright, Android N Memiliki Sistem Keamanan Baru – Hadirnya ancaman bagi pengguna Android yang disebut sebagai Stagefright. Kerentanan ini diprediksi tengah mengancam sekitar 950 juta pengguna Android di seluruh dunia. Adapun perangkat yang paling rentan terkena Stagefright adalah smartphone yang masih menggunakan Android berbasis Jelly Bean atau generasi sebelumnya.

Bug Stagefright yang buruk sebelumnya memperbolehkan penyerang untuk melakukan sejumlah tindakan pada perangkat yang terinfeksi melalui eksekusi kode dari jauh malware tersebut akan dikirimkan melalui pesan media untuk menyerang sistem, setelah serangan masuk ke sistem. Hacker akan memiliki kemampuan untuk mengoperasikan ponsel secara remote dari jarak jauh. Semua komponen seperti microphone, camera, dan tombol fungsi lainya akan bisa dikendalikan. Lebih bahayanya lagi, pesan yang terkirim ke smartphone pengguna tidak perlu menunggu untuk dibuka agar bisa tereksekusi. Sementara itu Google telah menjawab masalah-masalah tersebut dengan patch keamanan setiap bulannya, Android N sendiri memastikan masalah keamanan yang sama tidak terjadi lagi.

Menutut tim keamanan Android, “Sebuah analisis dasar menunjukan bahwa penyebab bug libstagefright terutama terjadi pada kode saat parsing format file dan codec media. Tujuan awal dari libstagefrigt sebelum Android N adalah untuk mengoptimalkan kecepatan transfer data akan tetapi hal ini bisa menjadi celah yang rentan dan bisa digunakan penyerang untuk melakukan tindakan yang berbahaya”.

Untuk memastikan kerentanan yang sama tidak terjadi lagi kedepannya, Android N telah membagi mediaserver dan hak aksesnya menjadi beberapa komponen dan sandboxRearchitected mediaserver membagi keamanan menjadi bagian-bagian. Misalnya, cameraserver dapat mengakses kamera, audioserver dapat mengakses Bluetooth, dan drmserver dapat mengakses sumber daya DRM (Data Resource Management).

Berdasarkan pendekatan baru tersebut, kerentanan hanya akan memiliki akses ke komponen yang terbatas dari seluruh perangkat.

android-n-security

Dilihat 1,007 kali

Related Posts

About The Author

menuntut ilmu merupakan tasbih. mencari ilmu merupakan jihad. mengajarkan ilmu melapangkan jalan ke surga. mengajarkan ilmu merupakan sedekah mengajarkan ilmu merupakan taqarrub/pendekatan diri kepada Allah Swt