Developer Pihak Ketiga Kini Bisa Menambahkan Proteksi Safe Browsing ke Aplikasi Android

safebrowsing-api-logo

Developer Pihak Ketiga Kini Bisa Menambahkan Proteksi Safe Browsing ke Aplikasi Android – Pertama kali hadir di Web, Google telah memperluas proteksi Safe Browsing nya untuk memperingatkan pengguna akan website jahat pada Android. Developer pihak ketiga sekarang dapat menambahkan kemampuan pengecekan URL untuk aplikasi Android mereka dengan API baru bernama Safe Browsing API.

Diumumkan pada I/O 2016, API Safe Browsing tersedia untuk semua developer Android. Google mengatakan API tersebut sangat simpel dan mudah untuk digunakan. Dengan menggunakan teknologi SafetyNet yang sama, layanan ini telah membantu jutaan pengguna mobile dengan memberikan peringatan.

API ini bekerja dengan menentukan apakah URL telah ditandai sebagai threat atau ancaman berdasarkan list yang selalu Google update. Hal ini termasuk proteksi dari phising (website palsu), website yang mengandung malware dan software yang tidak diinginkan. Jadi dengan API ini, peringatan berwarna merah akan tampil jika website tersebut terindikasi tidak aman, memperingatkan pengguna sebelum mereka mengklik link di situs yang dapat menyebabkan halaman yang terinfeksi, dan mencegah pengguna mem-posting link ke halaman terinfeksi diketahui dari situs kamu.

Berbeda dengan Chrome Custom Tabs yang telah include proteksi keamanan, API ini lebih ditujukan pada aplikasi yang memiliki kemampian web browsing lainnya. API Safe Browsing meupakan bagian dari versi terbaru Google Play Service, jadi memungkinkan semua developer Android dan hardware tua untuk mengambil keuntungan dari layanan ini. Developer Android dapat mengunjungi halaman https://developers.google.com/safe-browsing/

Dilihat 297 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist