Download Aplikasi di Play Store Sekarang Lebih Hemat Kuota

google play store

Download Aplikasi di Play Store Sekarang Lebih Hemat Kuota – Google Play saat ini berkembang sangat pesat. Google mengatakan pengguna yang telah meng-install aplikasi Android mencapai 65 miliar aplikasi pada tahun lalu. Para developer juga semakin sering meng-update aplikasi mereka entah untuk memperbaharui konten dan fitur, menambal patch keamanan atau perbaikan bug.

Dengan seringnya pembaharuan maka pengguna juga harus sering memperbaharui aplikasi mereka. Namun, banyak pengguna Android yang sensitif dengan paket data yang mereka miliki. Apalagi mereka harus sering meng-update aplikasinya. Kadang pengguna malas meng-update aplikasi mereka karena jumlah data yang tertera pada Play Store terlihat besar dan sama saja seperti memasang aplikasi baru. Padahal untuk melakukan update yang tertera pada Play Store itu bukan ukuran sebenarnya. Ketika update tentu saja ukuran yang harus di download menjadi lebih kecil.

Menanggapi hal tersebut Google baru saja memperbaharui Play Store agar informasi ukuran update terlihat aktual dan sebenarnya. Contohnya seperti screenshot berikut, kamu bisa melihat perbedaan ukuran data aplikasi pertama kali install dengan ukuran update.

Ukuran Download
Ukuran Download Aplikasi Pertama Kali Install
Ukuran Update
Ukuran Update Aplikasi

Selain itu Google juga memperbaharui algoritma kompresi Delta untuk mengurangi ukuran update aplikasi menjadi lebih kecil. Google mangatakan dengan algoritma kompresi baru ini ukuran download instalasi aplikasi pertama kali dapat dikurangi sampai 12 persen sementara untuk ukuran update dapat ditekan sampai 65%.

Google juga memberi saran kepada developer untuk membuang resource dan kode yang tidak diperlukan. Juga menggunakan format yang lebih efisien seperti menggunakan format gambar WebP dibandingkan format gambar Jpeg.

Well, dengan alogirtma baru ini maka aplikasi yang di download bisa lebih cepat dan menghemat kuota data. Selain itu diharapkan pengguna tidak malas lagi meng-update aplikasinya. Apakah kamu pengguna yang sering meng-update aplikasi?

Dilihat 176,101 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist