Keren, Dua Seniman Ini Membuat Lukisan Dinding dengan Google Sheets

artists_at_final_wall_3-796x541

Dua Seniman Ini Membuat Lukisan Dinding dengan Google Sheets – Ketika kamu mendengar kata ‘spreadsheet,’ mungkin ekspresi “meh” atau “bruh” akan terlihat di wajahmu (kecuali kamu seorang akuntan atau seorang data nerd). Hal ini cukup membosankan, namun sebenarnya dibutuhkan dan Google mengubahnya kedalam bentuk seni. Meskipun bukan yang pertama kali untuk melihat karya seni yang dihasilkan oleh spreadsheet, namun karya seperti ini jarang terlihat dipublikasikan.

Berkolaborasi dengan Refinery29, sebuah perusahan media digital yang membahas lifestyle, Google ingin membawa dua seniman bersama-sama mengerjakan project ini di Sheets, sebuah spreadsheet tool di dalam Google Docs. Google meminta dua orang seniman – Marina Esmeraldo dari Barcelona, dan Mallory Heyer dari New York – idenya adalah mengeluarkan kemampuan spreadsheet ini semaksimal mungkin, tapi bukan dengan angka-angka atau kumpulan data.

Setelah melakukan sedikit perbincangan melalui Google Hangouts, keduanya menyadari bahwa dengan memperkecil cells menjadi ribuan petak pixel, melakukan merge cells untuk pewarnaan, membuat gradient warna dengan formatting dan hal-hal keren lainnya mampu menghasilkan sebuah mosaic yang besar. Selanjutnya, duo tersebut mengkonsepkan cells tersebut di sebuah dinding batu bata.

conditional_formatting_to_make_gradients_3

Produk yang akan dikonversi tersebut kemudian diserahkan kepada Perusahaan berbasis Brooklyn “Colossal Media” yang sudah terkenal dengan karya seni lukisan dindingnya di seluruh dunia. Colossal kemudian mempersiapkan karya seni tersebut untuk dibuat dalam lukisan skala besar dan menghabiskan sekitar lima hari untuk menyelesaikan sebuah lukisan berukuran 13’ x 34’ tersebut. Untuk melihat proses pembuatan dan hasilnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Karya ini bukan merujuk kepada persoalan tentang bagaimana cara yang seharusnya dalam menggunakan spreadsheet, tapi karya ini menunjukkan bahwa terdapat kemungkinan atau potensi lain yang bisa dikembangkan dari penggunaannya. Lain kali ketika kamu berpikir bahwa formula yang kamu hasilkan cukup keren, cobalah untuk membuatnya menjadi sebuah karya seni dengan menggunakan formula tersebut! Kamu mungkin bukan seorang expert dalam suatu hal, tapi cobalah untuk menemukan sudut pandang lain yang mungkin bisa membuatnya lebih menarik.

final_art

Dilihat 450 kali

Related Posts

About The Author

Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.