Facebook Berkolaborasi dengan Google Rilis Yarn, Sebuah Paket Manager JavaScript Open Source

yarn

Facebook Berkolaborasi dengan Google Rilis Yarn – Facebook hari ini meluncurkan Yarn, sebuah paket manager JavaScript alternatif dari npm. Facebook menjanjikan paket manager ini lebih cepat, dapat diandalkan, dan lebih aman dibandingkan paket manajer populer npm. Paket manager Yarn mampu mengurangi waktu install dalam beberapa menit menjadi beberapa detik untuk beberapa kasus, tentu saja tergantung dari ukuran paket.

Yarn kompatibel dengan registry npm, namun berbeda pendekatannya untuk menginstall paket seperti menggunakan lockfiles dan algoritma instalasi deterministic.

Yarn memungkinkan untuk me-maintain struktur direktori node_modules yang sama, dimana ini merupakan rumah dependensi untuk semua pengguna yang terlibat dalam sebuah project. Hal ini dapat membantu mengurangi bug yang sulit dilacak dan mereplikasi pada beberapa mesin.

Yarn juga memastikan pemasangan jadi lebih cepat dan dapat diandalkan dengan melakukan caching setiap paket dan operasi secara paralel. Hal ini juga memungkinkan untuk menginstall paket tanpa koneksi internet, asalkan kamu setidaknya telah menginstall paket teresebut setidaknya satu kali.

Selain itu, Yarn menjanjikan kompabilitas dengan kedua workflow npm dan Bower. Kamu juga dapat membatasi lisensi dari modul yang terinstall.

Facebook mengatakan mereka biasa menggunakan npm untuk mengerjakan beberapa project. Tetapi mereka memiliki kendala ketika melakukan scaling untuk digunakan secara internal karena masalah kinerja dan keamanan pada npm. Facebook bekerja sama dengan engineer Eksponen, Google dan Tilde untuk membangun dan menguji coba Yarn pada framework JavaScript utama. Jadi Yarn dapat bekerja pada basis developer yang besar jika memungkinkan.

Tim npm mengatakan didalam posting blog bahwa mereka senang menyambut Yarn sebagai salah satu open source client npm. Ia menambahkan bahwa Yarn “sepertinya bekerja baik dengan paket publik” namun belum bekerja dengan paket private. Developer dibalik Yarn sedang bekerja untuk memperbaiki issue ini.

Kamu dapat menginstall Yarn dari website barunya atau menggunakan source code-nya di repository Github.

Dilihat 181 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist