Facebook Luncurkan Dukungan Google AMP untuk Tools Instant Article SDK

Instant Article SDK

Facebook Luncurkan Dukungan Google AMP – Instant Article untuk publisher diumumkan Facebook dua tahun lalu. Saat ini format Instant Article belum diadopsi secara maksimal oleh publisher di jejaring sosial Facebook. Tujuan Facebook membuat Instant Article kurang lebih sama seperti AMP dan Apple News untuk membuat konten website berita lebih ringan dan cepat diakses. Bedanya Instant Article ditujukan untuk konten berita yang di share di Facebook, AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk mesin pencari Google, dan Apple News menggunakan platform khusus di iOS.

Facebook mengatakan mereka telah mendengar dari para publisher bahwa publisher tidak hanya mendukung format Instant Article saja namun juga AMP dan Apple News. Hal ini membuat developer di dari perusahaan publisher harus melakukan pekerjaan ekstra membuat konten mereka mendukung semua format tersebut. Menanggapi keluhan publisher tersebut, sekarang Facebook meluncurkan tools baru bagi para publisher untuk membuat Instant Article kompatible dengan format Google AMP dan Apple News.

Solusi yang ditawarkan Facebook ialah menambahkan opsi export baru untuk para publisher. Ketika mereka membuat Instant Article mereka dapat meng-ekspor atau mem-build ke format Google AMP dan Apple News.

SDK yang telah diperbaharui mengubah markup yang digunakan publisher untuk membuat Instant Article untuk men-generate kode yang diperlukan untuk membuat format lain. Dengan cara yang mudah untuk mendapatkan satu format markup ke format markup yang lain. Publisher dapat melakukan plug and play markup di CMS mereka atau tools publishing pihak ketiga.

Facebook mengatakan fitur build ke Google AMP kini telah tersedia, sedangkan untuk Apple News akan tersedia beberapa minggu mendatang. Lebih lanjut mengenai Instant Article SDK Extension dapat kamu baca disini.

Dilihat 188 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist