Firefox Nantinya Akan Mendukung Ekstensi Chrome

firefox new logo

firefox new logo

Dahulunya Firefox merupakan browser favorite saya, memiliki ribuan Add-On yang bisa dipasang. Ada beberapa Add-On yang hanya tersedia untuk Firefox dan tidak tersedia untuk Chrome (Ekstensi). Saya menggunakan Linux sebagai sistem operasi yang saya gunakan sehari-hari, entah kenapa Firefox mulai begitu berat digunakan di Linux berbeda dengan Chrome. Firefox dahulunya banyak menelurkan inovasi seperti pencetus fitur Tab pada browser bahkan pencipta Java Script oleh Brendan Eich merupakan orang Mozilla, tapi sekarang kenapa lebih banyak Chrome yang menelurkan inovasi. Beberapa waktu yang lalu Mozilla sempat mengalami beberapa masalah seperti kontroversi pergantian CEO, Google tidak lagi menjadi donatur Firefox dan Mozilla beralih ke Yahoo dan beberapa petinggi Mozilla Asia Pasifik yang mundur. Memang sudah saatnya Firefox berubah dan membuat lompatan yang besar.

Perubahan besar akan terjadi untuk Firefox kedepannya, firefox nantinya akan mendukung ekstensi Chrome. Perusahaan non profit ini memutuskan untuk mengganti ekstensi API yang biasa digunakan dengan WebExtensions API. Persis seperti yang digunakan pada Chrome dan Opera. Opera telah menggunkan mesin Blink Chromium itu artinya mesin pada Chrome dan Opera adalah sama. Hasilnya pengembang ekstensi Chrome dapat dengan mudah mem-porting ekstensi mereka ke Add-On Firefox, namun sebaliknya pengembang Add-On Firefox harus membuat ulang Add-On mereka agar kompatibel dengan browser Chrome.

Perubahan juga terjadi pada Firefox dalam menangani proses, mereka menyebutnya Electrolysis. Fungsinya memisahkan browser menjadi beberapa proses dan menurunkan risiko mengekspos pengguna ke malware.

Kedepannya setiap ekstensi Firefox akan melewati pengecekan keamanan dan akan divalidasi telebih dahulu oleh Mozilla untuk dapat di terbitkan. Pengecekan keamanan dan valisasi akan di mulai tanggal 22 september besok bersamaan dengan dirilisnya Firefox versi 41. Sedangkan untuk penggunaaan WebExtensions API akan dimulai pada Firefox versi 43 dirilis 15 Desember.

Mozilla Firefox menggunakan teknologi XUL (XML User Interface Language) merupakan bahasa XML versi Mozilla untuk membangun tampilan pada Firefox. Mozilla membenarkan rumor sebelumnya bahwa Mozilla akan menghentikan dukungan teknologi ini sampai 12 hingga 18 bulan kedepan.

Sumber : Official Mozilla Blog

Dilihat 107 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist