Fitur Baru Google Classroom Untuk Guru dan Murid

Google Classroom

Google Classroom adalah serangkaian tools produktivitas gratis dari Google meliputi Gmail, Drive, dan Docs, tersedia untuk pengguna Google Apps for Education. Classroom dirancang untuk membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas, termasuk fitur untuk menghemat waktu Guru seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa. Classroom juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur. Google baru saja melakukan update untuk Classroom pada tanggal 24 agustus yang lalu. Ada beberapa fitur baru yang dihadirkan. Beberapa fitur baru Google Classroom untuk Guru dan Murid sebagai berikut

Berdiskusi

Sejak Classroom diluncurkan tahun lalu Guru dapat menggunakan Class Stream untuk memfasilitasi siswa berdebat, Q&A (Question & Ask) dan berdiskusi. Sekarang, guru dapat melakukan hal tersebut dengan cara yang lebih kolaboratif. Guru dapat mengirim pertanyaan ke kelas dan memungkinkan siswa untuk berdiskusi dengan menanggapi jawaban masing-masing . Misalnya, guru bisa posting video dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan tentang hal itu, atau memposting artikel dan meminta mereka untuk menulis sebuah paragraf berupa rangkuman atau intisari dari sebuah artikel.

Posting Ulang

Sekarang Classroom memiliki kemampuan untuk dapat memposting ulang tugas yang telah digunakan, mungkin tugas minggu lalu atau bahkan tahun lalu. Guru dapat menyalinnya kemudian mengubahnya untuk dapat digunakan lagi.

Integrasi Google Calendar

Salah satu fitur terbesar yang diupdate adalah integrasi Google Calendar. Setiap tugas dengan tanggal jatuh tempo akan secara otomatis ditambahkan ke kalender kelas Anda dan terus up to date agar siswa dapat mengetahui kapan tugas tersebut mesti diselesaikan.

Fitur terbaru lainnya, nantinya guru dapat melampirkan Google Forms untuk membuat semacam test, kuis atau survey kepada murid. Google akan menghadirkan fitur ini dalam satu minggu kedepan. Kamu seorang guru atau pengajar? tidak ada salahnya mencoba Google Classroom, layanan ini gratis dan tanpa biaya dari Google.

Sumber: Official Blog Google for Education

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist

  • Imam Subechi

    Untuk form soal chois mana ya