Mulai Debutnya di iOS, Gboard Kini Hadir untuk Perangkat Android

Gboard on Android

Gboard Kini Hadir untuk Perangkat Android – Setelah memulai debutnya untuk platform iOS pada awal tahun ini, Google secara diam-diam membuat keyboard Gboard tersedia untuk perangkat Android. Gboard untuk Android tidak akan dirilis dengan aplikasi tersendiri melainkan update dari Google Keyboard yang akan datang.

Seperti pada iOS, dengan Gboard pengguna Android bisa menggunakan pengetikan gesture, memasukkan gambar animasi GIF, pencarian emoji dan melakukan pencarian langsung dari keyboard kemudian membagikan hasil penelusuran tersebut di aplikasi apapun yang sedang digunakan. Dibandingkan dengan versi iOS, Gboard pada Android masih mempertahankan tampilan ala Google Keyboard, namun dengan kemampuan Gboard.

Untuk mengakses penelusuran Google, pengguna cukup mengetuk (tap) logo Google yang berada di kiri atas keyboard. Antarmuka penelusuran otomatis akan muncul. Selain itu terdapat juga shortcut untuk mengubah tema, mode satu tangan dan pengaturan Gboard.

Penelusuran pada Gboard bekerja untuk aplikasi apapun. Menggunakannya pun sederhana, penelusuran otomatis menampilkan hasil pencarian paling atas berupa tampilan card. Pengguna dapat berbagi link langsung dari sana, tidak hanya itu pengguna juga bisa berbagi lokasi, nomor telepon, alamat dan link pencarian Google Maps dari lokasi tersebut. Menariknya, untuk pencarian emoji bekerja sangat baik bahkan mendukung Bahasa Indonesia. Kamu perlu mengubah pengaturan sedikit agar mendukung Bahasa Indonesia.

Keunggulan lainnya dari Gboard yaitu dapat membagikan animasi gambar GIF secara langsung. Namun sayangnya fitur ini tidak didukung semua aplikasi. Menurut 9to5google, aplikasi seperti Google Hangouts dan Google Messenger bekerja baik dengan aplikasi ini. Setelah kami coba pada Google Allo juga berhasil, namun ketika kami coba di WhatsApp, Slack dan Telegram fitur pencarian GIF-nya tidak bisa digunakan. Jika kamu menemukan aplikasi yang bekerja dengan fitur GIF di Gboard ini, jangan sungkan untuk mengabari kami dikolom komentar dibawah.

Gboard saat ini belum tersedia di Play Store, kemungkinan akan dirilis dalam beberapa hari kedepan. Kamu masih bisa mencoba dengan men-download APK-nya disini.

9to5google, Featured image: 9to5google

Dilihat 487 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist