Google Akan Buka Startup Space di San Fransisco untuk Launchpad Accelerator

google office new logo

Google Akan Buka Startup Space di San Fransisco untuk Launchpad Accelerator – Google akan membuka kantor baru di San Fransisco, AS, pada bulan September yang di khususkan untuk developer dan startup. Google mengumumkan bahwa kantor baru ini akan memiliki luas 14 ribu kaki persegi yang akan digunakan untuk melatih, mendidik, dan berkolaborasi dengan developer lokal dan developer internasional dan juga akan menjadi tempat mengadakan berbagai event.

Terletak dipusat kota San Fransisco, California, tepatnya berlokasi di 301 Howard Street, Google ingin menjadi sebuah ruang yang “menjembatani kesenjangan antara Silicon Valley dan startup di pasar negara berkembang di seluruh dunia untuk memahami tantangan lokal dan global mereka dan berbagi sumber daya.”

Kantor baru ini tidak hanya akan menjadi tempat untuk Google Lauchpad Accelerator batch ketiga, tetapi Google juga mengharapkan berbagai acara dapat berlangsung disini, seperti meetup Google Developer Group, Codelabs, Design Sprint, dan Tach Talk. Namun yang paling penting kantor ini akan menjadi tempat dimana startup yang berpartisipasi di Launchpad Accelerator bisa datang dan bekerja sama disini.

Program akselerator ini bertujuan untuk mendorong enterpreneur dari negara berkembang seperi India, Brazil, Indonesia dan Meksiko. Roy Glasberg, Google lead global, mengatakan kepada Verture Beat bahwa ketiga negara tersebut bisa merepresentasikan the next billion dollar market. Peserta yang terpilih akan mengunjungi Google untuk mengikuti bootcamp selama dua minggu, bekerja bersama dengan tim expert dan mentor Google sebelum akhirnya kembali ke negara asal mereka untuk membangun startup mereka. Pada proses penyelesaian tiga bulan ini, mereka akan kembali ke Mountain View, California untuk bentemu dengan startup Launchpad Accelerator batch berikutnya dan membangun relationship.

Sebelumnya startup yang telah pada taham earlystage akan diberikan ruang kantor khusus di Google, tetapi sekarang akan ada lokasi tersendiri yang dirancang kusus untuk kebutuhan mereka.

“Ruang khusus ini memungkinkan kita untuk secara teratur terlibat dengan developer dan melayani kebutuhan mereka untuk berkembang, apakah itu untuk membangun sebuah produk, menumbuhkan sebuah perusahaan atau membuat pendapatan,” kata Glasberg dalam blog resmi Google Developer.

Hampir 50 startup telah lulus dari Launchpad Accelerator, semuanya fokus mengatasi masalah-masalah lokal yang kritis. Dengan berpartisipasi dalam program ini, Google memberi mereka bantuan senilai USD 250.000, termasuk juga bantuan seed funding senilai USD 50.000. Tidak hanya itu mereka juga akan mendapatkan credit produk Google seperti AdWords, ruang fisik agar mereka dapat bekerja dan bimbingan khusus. Semuanya gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Untuk Indonesia sendiri telah ada 7 alumni dari Launchpad Accelerator. Untuk batch pertama ada Jojonomic, Kakatu, HarukaEdu, Setipe.com, Kerjabilitas, Kurio dan eFishery. Sedangkan untuk batch kedua yang sedang dalam proses ialah HijUp, Talenta, Jarvis Store, Ruang Guru, IDNTimes, dan Codapay. Beberapa waktu yang lalu setelah acara Google for Indonesia, Google juga mengadakan Graduation Ceremony di Jakarta untuk alumni Google Launchpad batch pertama.

Graduation Ceremony Google Launchpad Accelerator Batch 1 Indonesia
Graduation Ceremony Google Launchpad Accelerator Batch 1 Indonesia (foto oleh Alfian Firdaus via Facebook)

Kabarnya untuk batch ketiga kamu sudah bisa mendaftar, kamu bisa melakukan apply untuk startup kamu di https://developers.google.com/startups/accelerator/

Dilihat 253 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist