Google Akan Hapus Otomatis Backup Android Jika Perangkat Tidak Aktif Selama Dua Bulan

google-drive-logo-new

Google Akan Hapus Otomatis Backup Android Jika Perangkat Tidak Aktif Selama Dua Bulan – Selama ini Google mengizinkan pengguna Android untuk melakukan backup ke Drive. Selama kamu menggunakan perangkat kamu maka hasil backup tersebut akan tetap aman di Drive. Bersumber dari pengguna Reddit yang memperlihatkan sebuat tangkapan layar, jika perangkat tidak digunakan selama dua minggu, Google Drive akan menampilkan tanggal kadaluarsa dibawah backup, dengan memperlihatkan countdown atau waktu hitung mundur berapa lama sampai backup tersebut akan dihapus secara otomatis.

ap_resize

Mungkin jika kamu menggunakan selama masa hitung waktu mundur tersebut maka tanggal kadaluarsa tersebut akan hilang. Namun jika selama dua bulan perangkat tidak aktif maka backup akan terhapus secara otomatis.

Jika backup kamu terhapus, tidak ada cara lain untuk mengembalikannya. Berarti semua pengaturan dan data kamu bisa lenyap. Menurut Android Police selama kamu memiliki satu perangkat Android dengan akun yang sama login ke server Google setiap bulan, backup kamu seharusnya baik-baik saja.

Menghapus akun dan data yang tidak terpakai adalah sesuatu yang lumrah dilakukan banyak perusahaan penyimpanan cloud, namun pada umumnya pengguna akan diberi tahu dengan peringatan yang jelas. Pengguna Reddit ini mengatakan bahwa ia tidak mendapatkan peringatan yang jelas dari Google. Ia pun tidak diberi opsi untuk menggunakan penyimpanan Drive yang ia bayar sebagai opsi untuk menyimpan backup nya.

Penghapusan otomatis ini mungkin tidak di iklankan Google dengan baik, jadi lebih baik sesekali kamu memeriksa backup tersebut juga kamu berencana menyimpan terus backup tersebut. Tetapi ini hanya berlaku bila kamu menggunakan layanan Google Drive. Untuk beberapa perangkat seperti Xiaomi misalnya memiliki layanan mereka sendiri yaitu Mi Cloud yang tentu kebijakannya akan berbeda.

1
PoopPoop
0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist