Google Akan Matikan Google Now Launcher dalam Beberapa Minggu Kedepan

android-launchers

Google Akan Matikan Google Now Launcher dalam Beberapa Minggu Kedepan – Diluncurkan pada tahun 2013 dengan Nexus 5 dan kemudian tersedia untuk semua perangkat Android, dilansir dari Android Police Google Now Launcher akan dihentikan dalam beberapa minggu mendatang. Pengguna yang ada akan tetap mendapat support. Sementara untuk vendor mitra didorong untuk membuat launcher mereka sendiri dengan mengintegrasikan library baru untuk mendapatkan akses seperti di Google Now stream/feed.

Menurut keterangan dari Android Police, berita ini datang dari sebuah email yang dikirim kepada salah saru mitra vendor untuk tim Android. Dalam rinciannya menerangkan “Google Now Launcher will be unpublished from the Play Store in Q1 of 2017“, yang berarti dalam beberapa minggu kedepan. Pengguna yang ada akan tetap menerima support dengan update via Google app. Namun jika ingin men-download baru tidak akan lagi tersedia di Play Store.

email penghentian Google Now Launcher untuk mitra OEM

Perubahan ini dilakukan setelah Google mengimplementasikan sebuah solusi untuk membolehkan semua mitra vendornya mendapat akses Google Now stream atau feed dengan melakukan swipe kekiri dari home screen utama, tidak hanya Sony. Setelah melakukan uji coba di Android 7.0 dan 7.1 Google Search Launcher Service library resmi dapat digunakan untuk keperluan produksi.

Google Now Launcher akan dihapus dari daftar software opsional yang mitra vendor sertakan di bulan Maret. Mereka didorong untuk membangun solusi mereka sendiri untuk mengambil keuntungan dari software library yang baru. Versi terakhir dapat kamu temukan pada perangkat Moto dan sangat mirip dengan stock Google Now Launcher secara fungsi.

Kedepannya, Google mungkin akan melanjutkan brand Pixel untuk lini hardware mereka seperti Pixel Launcher. Sementara untuk pengguna Nexus akan menerima update via Google app.

Android Police, Featured Image: 9to5google

Dilihat 412 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist