Google Akan Tanam Fitur Ad Block di Chrome?

google chrome

Google Akan Tanam Fitur Ad Block di Chrome – Jika dilihat Google lebih tepatnya merupakan perusahaan iklan dibanding perusahaan teknologi mesin pencari, karena pemasukan terbesar Google adalah dari iklan. Dengan maraknya ekstensi adblock di browser saat ini sudah cukup mampu mengurangi pendapatan Google. Tapi apa jadinya jika Google ikut mendukung fitur adblock hadir di Chrome.

Menurut laporan Wall Street Journal bahwa Google akan menerapkan fitur adblock di Chrome yang akan diluncurkan beberapa minggu mendatang untuk desktop dan mobile. Namun fitur adblock pada Chrome tersebut tidak akan menghapus semua iklan di web. Google hanya akan memblokir iklan yang memberi pengalaman buruk pada pengguna web. Mungkin salah satu dasar alasan kenapa pengguna menggunakan adblock karena iklan yang sangat mengganggu bahkan ada iklan popup yang muncul sendiri tanpa diklik.

“Fitur ad-blocking, yang dapat diaktifkan secara default di Chrome, akan memfilter jenis iklan online tertentu yang dianggap memberi pengalaman buruk bagi pengguna saat mereka berpindah-pindah web.” demikian seperti dikutip dari Wall Street Journal.

Langkah Google tersebut dianggap sebagai langkah defensif Google, dimana banyak pengguna yang menerapkan tools atau ekstensi adblock yang dapat memblokir semua iklan termasuk AdSense. Dengan fitur adblock di Chrome ini mungkin iklan AdSense tetap ada namun tidak akan membuat pengguna terganggu. Tentu hal ini akan membuat penghasilan Google tetap mengalir.

Mengenai iklan yang akan di block oleh fitur di Chrome ini ialah iklan yang menggunakan pop up, iklan video yang autoplay, iklan “prestitial” dengan penghitung waktu mundur.

Dari sisi lain, pemilik website mungkin akan diminta untuk memastikan iklan yang dipasang pada web mereka memenuhi standar agar iklan tersebut dapat tampil di website mereka sekalipun pengguna menggunakan fitur adblock di Chrome.

Tujuan Google disini jelas yaitu untuk mengurangi tools adblock lain yang dapat memblokir semua iklan dan menghukum pemilik website yang membuat pengalaman website menjadi sangat mengganggu.

Kamu sendiri apakah akan menggunakan fitur adblock ini atau akan tetap menggunakan ekstensi atau tools adblock dari pihak ketiga?

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist