Google Akan Turunkan Peringkat Aplikasi Buruk di Penelusuran Play Store

Play Store

Google Akan Turunkan Peringkat Aplikasi Buruk di Penelusuran Play Store – Google akhir-akhir ini semakin agresif mempromosikan aplikasi Android yang bagus di Play Store, utamanya Google menurunkan aplikasi jelek atau memiliki performa buruk diperingkat penelusuran.

Google mengatakan “incorporating app quality signals in our ranking algorithms“. Artinya jika aplikasi memiliki riwayat suka crash atau mendapat rating rendah dari pengguna akan diturunkan dari peringkat atas dalam penelusuran di Play Store. Google tidak serta merta menurunkan begitu saja peringkat aplikasi namun akan melihat bagaimana data dari performace aplikasinya, engagement dari pengguna, dan rating dari pengguna. Hal tersebut akan menciptakan sinyal berkualiatas yang akan mempengaruhi peringkat aplikasi dalam daftar penelusuran, seperti dilansir dari TheVerge.

Ini adalah salah satu upaya Google untuk mempromosikan aplikasi Android yang berkualitas tinggi. Awal bulan ini Google sempat mengumumkan bahwa mereka menggunakan machine learning untuk mengidentifikasi aplikasi yang berperilaku buruk. Misalnya aplikasi tersebut terlalu banyak meminta izin atau permission yang tidak seharusnya. Google juga membuat program baru yang disebut “Android Excellence” untuk mengkurasi aplikasi yang menurut Google bagus.

Secara keseluruhan, ini adalah perpaduan antara teknologi machine learning dan hasil kurasi yang dilakukan manusia dalam menilai aplikasi yang diajukan developer ke Play Store. Android umumnya mendapat cap memiliki banyak aplikasi berkualitas rendah daripada di iOS. Google tampaknya mencoba menentang persepsi tersebut dengan menerapkan tools favoritnya ke Play Store yaitu AI (kecerdasan buatan).

Selain itu hal ini dapat digunakan Google untuk mendorong banyak developer agar membuat aplikasi yang berkualitas dan memiliki crash yang rendah. Pertanyaannya apakah developer akan tahu apakah aplikasinya mendapat penurunan peringkat dalam daftar penelusuran oleh algoritma Google atau karena sejumlah alasan lain.

Hal mengenai algoritma adalah sesuatu yang misterius. Sangat mudah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat aplikasi ditolak oleh Play Store, kamu pun dapat mengajukan banding. Menurut kamu bagaimana dengan kebijakan baru Google ini?

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist