Google Akhirnya Bersedia Melunasi Hutang Pajak Kepada Pemerintah Indonesia

google logo

Google Akhirnya Bersedia Melunasi Hutang Pajak Kepada Pemerintah Indonesia – Berita mengenai mangkirnya Google mambayar pajak di Indonesia sering kamu lihat diberbagai media besar di Indonesia satu tahun belakangan ini. Google selalu berkelit dari masalah pajak karena tidak mau mengakui diri sebagai BUT (Badan Usaha Tetap) di Indonesia.

Karena kantor yang berada di Indonesia hanyalah sebagai kantor perwakilan saja semantara kantor pusatnya sendiri yakni Google Asia Pacific Pte Ltd berada di Singapura.

Namun seperti yang dilansir dari Kompas hari ini (14/06/2017) bahwa Google Asia Pacific Pte Lts dipastikan melunasi utang pajaknya di Indonesia seperti yang diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Kompas Selasa kemarin (13/6/2017) di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta

“Kami sudah ada pembahasan dengan mereka dan sudah ada suatu agreement berdasarkan SPT 2016,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Namun, tidak disebutkan berapa angka pajak yang dibayarkan Google. Menurut Sri Mulyani, pembahasan pajak adalah hal yang rahasia. Jadi ia enggan membicarakan besaran pajak yang dibayar Google kepada Direktorat Jenderal Pajak.

“Itu adalah sesuatu yang sifatnya rahasia, jadi kami tidak lakukan berapa satu perusahaan atau wajib pajak bayar berapa,” kata dia.

Sebelumnya, pada bulan Maret yang lalu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Jakarta Khusus, Muhammad Haniv memastikan, proses kasus pajak Google segera selesai. Sepertinya masalah pajak baru selesai baru-baru ini setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani turun tangan sendiri.

Tentu Google harus membayar pajak jika tidak ingin kehilangan pasar di Indonesia. Menurut kamu apakah Indonesia sudah siap jika tanpa Google?

1
WowWow
0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist