Google Analytics Gunakan Machine Learning Untuk Menampilkan Laporan Secara Otomatis

Google Analytics Gunakan Machine Learning Untuk Menampilkan Laporan Secara Otomatis – Kemarin Google baru saja memperkenalkan satu lagi fitur yang keren untuk pelaporan aplikasi Google Analytic, yaitu “Automated Insights.” Dengan fitur yang baru, aplikasi ini sekarang bisa menampilkan laporan yang spesifik, yang sebelumnya memakan waktu cukup lama, segera setelah aplikasi ini dibuka.

Fitur yang baru rilis di Android dan iOS ini bukanlah sesuatu hal yang baru karena IBM sebelumnya juga memiliki fungsi yang sangat mirip dengan aplikasinya Watson Analytics, namun ini adalah aplikasi mobile pertama yang menyediakan fitur tersebut. Meskipun terkesan agak aneh untuk Google karena mereka merilisnya terlebih dahulu di versi mobile daripada versi desktop, ternyata ada pandangan unik tentang ini.

Bagi kebanyakan internet marketer yang butuh informasi statistik dimana saja, mungkin dalam sebuah rapat, atau dalam perjalanan bisnis, boleh jadi komputer mereka tidak selalu tersedia. Dengan memiliki akses ke dalam laporan cerdas di versi mobile, pengguna bisa dengan cepat mendapat info yang mereka butuhkan tanpa menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkannya.

Untuk mengumpulkan informasi ini, Automated Insights menggunakan machine learning untuk mengetahui perilaku pengguna seperti kebiasaan yang dilakukan pengguna ketika menggunakan aplikasi ini. Seiring dengan banyaknya informasi yang diperoleh oleh machine learning, layanan tersebut akan belajar tentang laporan yang paling sering digunakan dan menampilkannya dengan segera.

Aulia Zikri Rahman: @aulia_zikri Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.
Disqus Comments Loading...