Google Assistant Akan Dirilis dalam Bahasa Indonesia

Google Assistant Bahasa Indonesia

Google Assistant Akan Dirilis dalam Bahasa Indonesia – Pada Google I/O bulan Mei yang lalu Google sempat mengumumkan asisten virtual yang disebut dengan Google Assistant. Asisten virtual ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning. Pada waktu yang bersamaan Google juga mengumumkan aplikasi messaging Allo dan perangkat hardware Google Home yang menggunakan teknologi Google Assistant.

Pada event Google for Indonesia selasa lalu di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Tamar Yehoshua, Vice President, Product Management in Search mengumumkan beberapa hal terkait Google Search. Pertama Yehoshua mengumumkan bahwa “Google Assistant cara baru untuk berbincang antara Anda dan Google untuk membantu Anda melakukan berbagai hal akan dirilis dalam Bahasa Indonesia.”

Hal ini bukan tanpa alasan kenapa Google ingin membuat Google Assistant mendukung Bahasa Indonesia. Yehoshua mengatakan bahwa saat ini Indonesia merupakan top 5 negara yang menggunakan fitur voice search. Artinya dengan Google Assistant yang mendukung Bahasa Indonesia, pengguna di Indonesia bisa melakukan penelusuran seperti layaknya chat dengan Google menggunakan bahasa yang natural dan pintar karena telah dibenamkan teknologi AI dan machine learning.

Indonesia Top 5 Country by voice search usage

Selain itu masih terkait Google Search, Yehoshua juga mengumumkan knowledge card pada Google Search sudah mendukung informasi yang disajikan dalam Bahasa Indonesia. Yehoshua mencontohkan knowledge card untuk mengetahui atlet Indonesia yang bertanding di event olah raga terbesar Olimpiade Rio yang saat ini sedang berlangsung di Brasil, kemudian ia juga mencontohkan penelusuran yang sedang tren saat ini seperti mengetahui spesifikasi motor ninja melalui Google Search.

knowledge graph

Bagi negara berkembang seperti di Indonesia yang bandwidth koneksi internetnya masih rendah, sangat membutuhkan penanganan khusus agar produk Google dapat digunakan pada koneksi yang lambat sekalipun. Google Search kini pun telah mendukung mendukung fitur lite mode. Dengan fitur ini membuat hasil penelusuran Google Search akan menjadi 5 kali lebih cepat dari biasanya.

Lite Mode Google Search

Mengenai kapan akan dirilisnya Google Assistant dalam Bahasa Indonesia kami belum mendapat keterangan mengenai hal tersebut. Intinya pada event Google for Indonesia ini, Google memcoba membawa produk dan layanannya agar mendukung kondisi geografis Indonesia dan juga mendukung konten lokal Indonesia. Fitur apa yang kamu nantikan agar segera mendukung konten lokal dan Bahasa Indonesia? Kami ingin tmengetahuinya, yuk berikan komentar kamu dibawah ini 🙂

Dilihat 6,305 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist