Google Assistant Kini Tersedia untuk Perangkat Android Selain Pixel

Google Assistant Kini Tersedia untuk Perangkat Android Selain Pixel – Diumumkan pada akhir pekan lalu di Mobile World Congress di Barcelona, Google Assistant akhirnya secara resmi telah diluncurkan untuk pengguna Android selain Pixel. Sayangnya tidak semua Android bisa memasang Google Assistant karena disyaratkan harus menggunakan Android Marshmallow atau Nougat. Tidak hanya itu Google juga menetapkan beberapa persyaratan lain agar Google Assistant bisa berjalan lancar.

Dilansir dari 9to5google fungsi dari Google Assistant ini identik dengan versi yang tersdia pada perangkat Pixel dan Pixel XL. Layar Now on Tap sekarang digantikan dengan layar penelusuran yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol home bebeberapa detik atau dengan mengatakan “OK Google”. Setelah itu jendela Google Assistant akan muncul dengan animasi slide dari bawah ke atas dan memperlihatkan history percakapan dengan Google Assistant sebelumnya sebelumnya.

Sayangnya animasi keren pada bar navigasi seperti di perangkat Pixel tidak akan muncul. Ketika pertama kali dijalankan, pengguna hanya akan diperlihatkan promt untuk memberi mereka opsi untuk meng-upgrade ke Assistant. Selain itu pangaturan baru akan muncul di Setting Google app.

Google Assistant di update dari sisi server untuk Android 6.0 dan 7.0 melalui Play Services, maka kamu tidak akan melihat update secara langsung. Google juga membutuhkan requirement agar berjalan diperangkat, setidaknya RAM pada perangkat tersebut minimal 1,5 GB dan kepadatan layarnya minimal 720p.

Google Tweet

Untuk rilis awal ini Google Assistant baru mendukung bahasa Inggris dan bahasa Jerman yang ditujukan untuk negara Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada dan tentu saja Jerman. Bahasa lain akan didukung Google kemudian. Dalam event Google for Indonesia tahun lalu, Google sempat mengatakan bahwa Google Assistant akan mendukung bahasa Indonesia. Jadi kita tunggu saja

Dilihat 718 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist