Google Bayar 3 Miliar Dolar ke Apple Tahun Ini Agar Mesin Pencarinya Tetap Default di iOS

google search on ios

Google Bayar 3 Miliar Dolar ke Apple – Sampai saat ini iOS masih menggunakan Google sebagai default mesin pencarinya. Tentu saja hal ini menguntungkan bagi Google. Dilansir dari CNBC diprediksi bahwa Apple telah menymbang sekitar 50 persen pendapatan mesin pencari Google. Perusahaan analisis keuangan Bernstein memperkirakan Google akan membayar Apple USD 3 miliar pada tahun ini agar mesin pencarinya tetap default di iOS.

Statistik terakhir dari kesepakatan Google dan Apple yang berasal dari dokumen proses hukum (legal procedding) pada tahun 2014 mengungkapkan angka USD 1 miliar bagi Google membayar Apple untuk mempertahankan posisi mesin pencari default di sebagian besar perangkat iOS.

Sebuah analisis baru yang dilakukan perusahaan analisis keuangan Bernstein hari ini memperkirakan kesepakatan tersebut sekarang telah mencapai USD 3 miliar. Bagi Apple, kesepakatan ini sama-sama menguntungkan dan merupakan bagian terbesar dari divisi layanan Apple yang sedang tumbuh. Selain itu pembayaran tersebut diperkirakan merupakan 5 persen dari total laba Apple tahun ini.

Dengan perangkat Apple yang terhitung setegahnya merupakan pendapatan mesin pencari Google, perusahaan tentu ragu untuk melepas kesepakatan lisensi. Pada saat yang sama, dengan posisi dominan mesin pencari Google mungkin juga hal ini cukup membuat pengguna iOS tetap memilih Google sebagai mesin pencari defaut-nya sekalipun Google melepas kesepakatan lisensi.

Buktinya pengguna Apple tetap menggunakan Google Maps sekalipun Apple tidak menggunakannya lagi sebagai default di iOS. Begitupun dengan aplikasi YouTube yang sudah tidak digunakan sebagai aplikasi default sejak beberapa tahun yang lalu.

CNBC, Featured Image: 9to5google

BACA JUGA  Google Analytics Gunakan Machine Learning Untuk Menampilkan Laporan Secara Otomatis

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist