Google Berencana Meluncurkan Andromeda pada Tablet ‘Nexus’ Huawei dan Laptop ‘Pixel’

nexus6p

Google Berencana Meluncurkan Andromeda pada tablet ‘Nexus’ Huawei dan Laptop ‘Pixel’ – Sebelumnya sudah diketahui dari berbagai sumber bahwa Google ingin merilis Andromeda Android/Chrome OS hybrid OS pada dua perangkat: Huawei Nexus tablet dan laptop convertible. Perangkat lainnya sudah dikabarkan oleh Android Police, dan bisa dikonfirmasi bahwa perangkat ini juga masuk dalam perangkat yang mengusung OS hybrid ini. Sumber mengatakan, bahwa Huawei Nexus juga masuk dalam list.

Tapi jangan terlalu senang dulu, kami tidak bisa mengatakan bahwa kabar tentang Huawei tablet akan memiliki branding Nexus ini 100% benar, namun kami sudah mendengar dari banyak sumber kalau ini memungkinkan. Kami bisa mengatakan bahwa perangkat ini akan menjadi salah satu perangkat yang direncanakan mengusung Andromeda.

Semua bukti yang mengacu pada fakta bahwa perangkat ini akan menjadi Google tablet usungan Huawei berdasarkan tweet Evan Blass (@evleaks) beberapa minggu lalu dan mungkin berkaitan dengan trademark Huawei pada bulan April lalu. Kami tidak memiliki informasi tentang hardware selain yang dikatakan Blass pada awal bulan kemarin seperti layar 7-inch dan RAM 4GB. Kami tidak bisa mengkonfirmasikan atau menyangkal tentang detail tersebut saat ini, namun orang yang sudah merasa familiar dengan ini tentu saja akan menduga bahwa perangkat tersebut adalah Nexus tablet.

Menariknya, kita sekarang juga bisa mengkonfirmasikan bahwa Google sedang melakukan testing Andromeda pada Nexus 9, dan salah satu sumber mengklaim hal ini “karena alasan hardware constraints dan availability.” Kami juga mengkonfirmasikan bahwa Google tidak akan merlis Andromeda pada Nexus 9 secara publik.

Perangkat kedua yang segera mengusung OS Andromeda ini adalah laptop “Pixel 3”. Perangkat ini lebih dikenal dengan nama ‘Bison’, yang dibuat untuk memperlihatkan bagaimana OS ini diinstal pada laptop. Menurut Android Police, nanti akan ada dua model dari “ultra-thin laptop” dengan layar 12.3 inch.

Spesifikasi dari laptop ini dikabarkan akan mencakup baik Prosesor Intel M3 atau Core i5, Storage 32 atau 128Gb, 8GB atau 16GB RAM. Tampaknya perangkat ini juga memiliki fingerprint scanner, 3.5mm jack, dua port USB tipe C, dukungan pena stylus, stereo speaker, empat microphone, backlit keyboard, trackpad, dan baterai yang tahan selama 10 jam. Sedangkan untuk estimasi harga, perangkat ini dibandrol dengan harga $800.

David Ruddock dari Android Police cukup yakin bahwa estimasi jadwal peluncuran perangkat ini berada pada Q3 tahun 2017. Jalannya masih cukup panjang. Kami rasa cukup beralasan kalau Huawei tablet ini akan rilis dengan OS Andromeda sebelum tanggal tersebut.

Update : beberapa sumber juga mengatakan bahwa Huawei tablet ini mungkin memiliki versi Android juga, dan juga memiliki versi “developer preview” OS Andromeda bagi siapa saja yang ingin mengembangkannya.

Android Police, Featured Image: 9to5google.com

Dilihat 232 kali

Related Posts

About The Author

Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.