Google Berniat Membuat Perangkat Nexus Sendiri Seperti iPhone

android nexus 6p

Google Berniat Membuat Perangkat Nexus Sendiri Seperti iPhone – Nexus merupakan produk smartphone atau perangkat berbasis Android yang mendapat sentuhan langsung dari Google. Software-nya pun mendapat kontrol langsung dari Google seperti bootloader yang tidak dikunci sehingga pengembang bebas untuk mengkostumisasi.

Google mengembangkan Nexus bersama beberapa mitra produsen ponsel seperti Samsung, HTC, Huawei, LG dan Motorola. Namun menurut sebuah laporan oleh The Information bahwa Google ingin melakukan kontrol lebih pada Nexus. Terkait hal ini, CEO Google, Sundar Pichai memberi sinyal ke kolega serta kalangan luar bahwa pihaknya memiliki rencana untuk mengembangkan sendiri produk Nexus mulai dari software sampai hardware-nya. Tentunya ini persis seperti yang dilakukan Apple pada iPhone.

Laporan tersebut menyatakan bahwa ini akan memperkuat brand Android secara keseluruhan untuk menangkap lebih pangsa di pasar high-end, daerah di mana Apple sudah banyak mendominasi di dunia. Google juga tidak ingin layanan yang menghasilkan pendapatan pada perangkat high-end dari belas kasih Apple, seperti mereka saat ini.

Sebagai contoh tablet Chromebook Pixel dan Pixel C, Google membangun hardware dan software dari atas sampai bawah. Ini pada dasarnya adalah apa yang seharusnya Nexus lakukan. Tentu saja, Google masih akan menggunakan prosesor, display dan komponen lainnya dari produsen yang berbeda. Tapi Google akan menjadi satu-satunya perusahaan yang terlibat dalam membangun dan memproduksi ponsel Nexus. Laporan itu juga menyatakan bahwa ponsel Nexus baru mungkin hanya akan menggunakan nama Google.

Informasi ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh Google. Tapi ini ide yang cukup menarik untuk pengguna yang ingin menikmati pengalaman menggunakan Android yang benar-benar asli buatan Google.

Via Android Authority
Sumber The Information
Dilihat 365 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist