Google Bisa Memberi Tahu Jika Ada Nama Kamu Disebutkan di Internet

Google Search Pexels

Google Bisa Memberi Tahu Jika Ada Nama Kamu Disebutkan di Internet – Mungkin sudah lumrah atau menjadi kebiasaan, jika ingin mengetahui latar belakang atau kepopuleran seseorang dengan melakukan googling nama orang tersebut. Mungkin orang yang disebutkan namanya di internet tidak mengetahui bahwa namanya disebut di suatu website misalnya.

Sekarang ketika kamu melakukan googling nama kamu sendiri, asalkan kamu masih dalam keadaan login menggunakan akun Google kamu. Google akan menampilkan widget baru dibagian bawah halaman pertama hasil pencarian. Widget ini bertujuan untuk membantu kamu mengatur Google Alert.

Widget Google Alert on Google Search

Google Alert ini dapat melacak, misalnya nama kamu yang disebutkan di internet. Tidak hanya melacak tetapi juga dapat memberi tahu kamu via email jika nama kamu disebutkan disebuah website. Sebenarnya Google Alert telah ada sejak tahun 2013, namun mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Jadi Google menambahkan widget tersebut agar pengguna mengetahui dan lebih mudah mengatur Google Alert.

Menggunakannya cukup mudah, kamu bisa membuka halaman Google Alert atau mengklik widget tersebut. Pilih kata kunci apa yang ingin kamu diberi tahu di kolom penelusuran. Sebagai contoh saya menggunakan nama saya sendiri. Kemudian klik tombol Create Alert.

Google Alert - Create Alert

Mengenai pemberitahuan kamu bisa mengatur sendiri waktu pemberitahuan dan alamat email untuk mengirimkan pemberitahuan dengan mengklik pengaturan ber-icon gear.

Google Alert

Atau kamu juga bisa mengatur frekuensi seberapa sering kamu ingin Google memberitahu, jenis sumber, bahasa, region, dan kualitas hasil pencarian dengan mengklik tombol edit.

Google Alert - Edit

Fitur ini sudah bisa kamu coba sekarang. Apabila menemukan kendala silakan komentar dibawah ini

Dilihat 8,075 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist