Google Brain: Memperjelas Foto Kabur Seperti di Film Kini Benar-Benar Nyata

google-brain

Mungkin kamu pernah menonton film fiksi ilmiah atau film aksi. Seperti seorang engineer di lab CIA menangkap sebuah foto target yang terlihat samar dari kejauhan, kemudian mereka zoom maka terlihat jelaslah wajah target tersebut. Mungkin terlihat logis jika foto tersebut beresolusi tinggi. Tapi bagaimana jika foto tersebut beresolusi rendah.

Google Brain selama beberapa bulan terakhir telah mengerjakan sejumlah proyek yang menarik salah satunya proyek mereka menggunakan jaringan syaraf (neural networks) untuk meningkatkan kualitas gambar. Dan sekarang sepertinya cerita seperti film-film fiksi ilmiah tersebut mulai menjadi kenyataan.

Project Google Brain terbaru mampu mengambil gambar 8×8 pixelated, kemudian menambahkan detail yang mungkin terlihat tidak mungkin sebelumnya. Namun berkat bantuan dua jaringan syaraf yang disebut conditioning dan prior network semuanya menjadi mungkin. Conditioning network menggunakan database besar Google dan mencoba mencocokkan foto 8×8 pixelated dengan foto-foto lain yang bisa ditemukan. Google Brain menyusutkan gambar ke foto 8×8 dan berupaya memetakan item original dengan yang lainnya dari internet.

Sementara jaringan syaraf kedua yaitu prior network menggunakan sesuatu yang disebut dengan PixelCNN untuk menebak dan menambahkan pixel ke foto asli 8×8. Google Brain dipercaya bisa menentukan pixel apa yang ditambahkan setelah dianalis dengan jutaan foto resolusi tinggi dengan detail yang sama didalamnya. Jadi, program akan melihat foto-foto wajah orang kemudian memperbesar gambar original 8×8. Program dapat menentukan pixel apa yang ditambahkan berdasarkan dengan foto yang diselidiki.

This slideshow requires JavaScript.

Namun, ArsTechnica mengatakan pixel yang ditambahkan tidak benar-banar nyata. Program Google Brain tidak menyabutkan bagaimana mengambil pixel yang hilang. Semua detail yang ditambahkan adalah bagian dari sesuatu yang diesbut “hallucinations” dimana ini hanya istilah untuk pixel yang ditambahkan diduga dibuat oleh program komputer.

Masa depan dari project yang dikerjakan oleh Google Brain ini masih belum diketahui. Namun bukan tidak mungkin dimasa depan teknologi ini menjadi biasa dimasa depan, dimana foto atau citra gambar yang kabur dapat dengan mudah diperjelas.

Google Brain dan DeepMind adalah dua anak usaha dari Alphabet dibidang penelitian deep learning. Seperti DeepMind tahun lalu membuat AI bernama AlphaGo yang berhasil mengalahkan pemain terbaik dunia dalam permainan Go dengan score 4-1.

Dilihat 414 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist