Google Chrome untuk Windows Kini Lebih Cepat 15 Persen

google chrome

Google Chrome untuk Windows Kini Lebih Cepat 15 Persen – Google saat ini berupaya membuat browser Chrome lebih cepat dan lebih ringan. Awal bulan lalu Google mengumumkan sebuah proyek untuk menurunkan penggunaan memory pada Chrome. Google juga secara diam-diam mengoptimisasi Chrome di Windows menjadi 15 persen lebih cepat daripada sebelumnya.

Dimulai dengan rilis Chrome versi 53 64 bit dan Chrome versi 54 32 bit, Google mulai menggunakan teknologi Profile Guided Optimization (PGO) milik Microsoft untuk mempercepat waktu startup sebesar 17 pesen, waktu muat halaman pada tab baru sampai 15 persen, dan waktu muat keseluruhan halaman mencapai 6 persen lebih cepat.

Profile Guided Optimization (PGO) adalah fitur tools developer Microsoft Visual Studio untuk mengukur bagaimana pengguna benar-benar berinteraksi dengan aplikasi. Kemudian menggunakan data ini untuk melakukan re-kompilasi aplikasi dengan fokus pada optimisasi fungsi yang paling sering digunakan dari aplikasi.

“Chrome adalah proyek perangkat lunak besar dengan lebih dari satu juta fungsi dalam source code-nya” Google Sébastien Marchand menjelaskannya dalam pengumuman hari ini. “Tidak semua fungsi sama rata, beberapa sering dipanggil, sementara yang lain jarang digunakan. PGO menggunakan data dari eksekusi runtime dengan melacak fungsi yang paling umum untuk memandu optimasi.”

Salah satu teknik PGO yang paling efektif digunakan untuk mempercepat aplikasi adalah dengan mengoptimasi fungsi yang sering dipakai agar tetap disimpan dalam memori. Setidaknya dalam situasi ideal, fungsi ini dibiarkan dalam cache instruksi cepat CPU.

Kamu dapat membaca semua hal tetang bagaimana PGO bekerja dalam sebuah practice disini.

Dilihat 270 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist