Google Contacts Versi Web Kini Mendapat Desain Material dan Beberapa Fitur Baru

New Google Contacts Web with Material Design

Google Contacts Kini Mendapat Desain Material dan Beberapa Fitur Baru – Tahun lalu, Google Contacts untuk Android mendapat desain dan antarmuka baru juga menambah beberapa fitur. Sebaliknya dengan versi web yang telah bertahun-tahun dengan desain lama, hari ini Google merubah signifikan halaman Google Contacts dengan tampilan baru yang sangat Material Design.

Mengganti bar pada bagian atas yang sebelumnya berwarna putih, Google Contacts yang baru menerapkan warna biru khas Material Design lengkap dengan tombol hamburger dan navigasi drawer. Sebuah FAB (Floating Action Button) disudut kanan bawah memungkinkan pengguna untuk menambahkan kontak. Ketika diklik akan muncul jendela overlay sederhana dengan beberapa kolom yang mesti kamu isi seperti nama, email, nomor telepon dan seterusnya

List utama sekarang di organize mirip seperti pada mobile, kontak yang diberi tanda akan muncul pada atas list. Ketika salah satu kontak di klik akan terbuka jendela overlay berisi informasi kontak. Ada beberapa bagian yang terlihat baru seperti Interaction dan calendar events, pada bagian interaction kamu akan melihat beberapa aktifitas dengan orang yang bersangutan. Misalnya jika kamu pernah berikirim email maka akan muncul list email dengan kontak yang bersangkutan.

Jika dibandngkan dengan versi Android, pada versi web tidak ada informasi recent call dan SMS, berharap fitur ini dapat ditambahkan kedepannya.

Pada bagian navigasi drawer kamu akan melihat bagian yang baru yaitu Frequent contacts dan Duplicates, bukan “Suggestion” seperti di Android. Sedangkan pada bagian more kamu akan melihat Import,Export, Print, Undo changes dan Other contacts.

Pada bagian Settings kamu hanya akan melihat pengaturan bahasa, kode nomor negara dan sorting berdasarkan nama depan atau nama belakang.

Menariknya, meski sudah menggunakan desain material. Google masih melabelnya sebagai preview. Jika kamu ingin kembali pada desain yang lama kamu bisa memilih bagian Go to the old version di navigasi drawer.

Jika kamu ingin merasakan perubahan baru ini, silakan kamu kunjungi halaman contacts.google.com. Diawal pengguna akan disguhkan tutorial berupa slider.

Dilihat 468 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist